Waspada! Terlalu Lama Membaca Bisa Sebabkan Iritasi Mata Lho

By On Senin, April 30th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Dengan membaca, pikiran seorang manusia akan seluas samudera karena buku adalah jendela dunia. Kecuali membaca surat cinta karena dunia jadi milik berdua saja. Namun ternyata membaca terlalu lama itu juga bisa menyebabkan iritasi mata, lho, Sahabat Braito. Hal ini terjadi karena mata mengalami sindrom mata kering dan menyebabkan mata lelah, kemerahan dan terasa perih.Waspada Terlalu Lama Membaca Bisa Sebabkan Iritasi Mata Lho - Waspada! Terlalu Lama Membaca Bisa Sebabkan Iritasi Mata Lho

Gejala-gejala di atas terjadi karena saat membaca, sebagian besar orang jadi lupa berkedip, atau berkurang hingga sepertiga kali dibandingkan saat sedang menjalankan aktivitas lainnya. Padahal mata harus selalu terlumasi dan lembap untuk mencegah terjadinya mata kering.

Sudah tahu penyebab mata kering, belum?

Menurut dr. Tri Rahayu, SpM, dari Jakarta Eye Center, mata kering adalah keadaan di mana bola mata tidak dilapisi oleh cairan air mata dengan baik. Air mata diperlukan sebagai pelindung bola mata untuk mencegah kekeringan pada bola mata. Bayangkan pintu yang tidak diberi pelumas, terasa berkarat dan berat. Begitu pula dengan mata yang kurang cairan pelembap, membuatnya terasa tidak nyaman dan perih.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa kasus keluhan penggemar buku yang merasakan sakit mata saat sedang menjalankan hobi membaca buku semakin hari semakin meningkat. Hal ini terjadi karena kebiasaan membaca buku dalam waktu yang lama dan sering kelupaan berkedip.

Lalu bagaimana caranya supaya tetap bisa membaca dalam waktu yang lama tanpa mengalami mata kering?

Berlatih Membaca Sambil Berkedip

Karena membaca juga bisa menyebabkan mata kering, mau tidak mau Sahabat Braito harus berlatih untuk membiasakan berkedip saat sedang membaca. Jangan biasakan terlalu asik membaca sampai lupa hal-hal lainnya, termasuk mengedipkan mata. Selain itu berikanlah jeda saat membaca. Misalnya, beristirahat sebentar setiap beberapa menit sekali.

Pakai Aturan 20 x 3

Ingatlah untuk selalu menggunakan aturan 20, 20, 20. Jadi, setiap 20 menit sekali, tataplah sebuah benda dengan jarak 20 kaki selama 20 detik. Lakukan hal ini secara rutin saat sedang menjalankan hobi membaca. Dengan cara ini mata tetap sehat karena tidak tegang dan tidak mengalami stres, sekaligus membantu agar tidak ter-dehidrasi.

Pakai tetes Mata

Penggunaan obat tetes mata penting diperlukan saat mata mengalami gangguan tiba-tiba. Terlebih karena mata lelah akibat terlalu lama membaca hingga menyebabkan mata merah sebagai bagian dari salah satu tanda iritasi mata. Salah satu obat tetes mata terbaik yang bisa diandalkan saat iritasi mata melanda adalah Braito Original. Teteskan Braito Original sebanyak 1-2 tetes selama 2-3 kali sehari agar gejala iritasi mata dapat segera diatasi. Namun, jika sampai tiga hari kondisi kesehatan mata belum juga pulih, segera periksakan lebih lanjut ke dokter mata terdekat.

Di kemudian hari, lebih bijaklah dalam meluangkan waktu untuk membaca. Janga sampai gara-gara kelupaan waktu dan lupa berkedip, hobi yang sangat bermanfaat ini malah menjadi bumerang karena menyebabkan gangguan kesehatan pada mata.

Waspada! Terlalu Lama Membaca Bisa Sebabkan Iritasi Mata Lho | Admin | 4.5