Virus Zika dan Kaitannya Dengan Kesehatan Mata

By On Jumat, April 27th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Dalam beberapa bulan terakhir Sahabat Braito pasti telah mendengar tentang wabah penyakit baru bernama Virus Zika. Infeksi dari penyakit ini disebarkan oleh gigitan nyamuk Aedes dan kini telah menginfeksi ribuan manusia. Menurut data lembaga Centers for Disease Control and Prevention, gejala virus Zika dan viktornya, demam berdarah dan penyakit chikungunya, nyaris sama. Jadi, penderita akan mengalami kenaikan suhu badan, atau demam pada tubuh yang berlangsung kurang lebih satu minggu.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Virus Zika, wabah ini pertama kali ditemukan pada seekor monyet resus di hutan Zika, Uganda, pada tahun 1947. Setahun kemudian, virus Zika ditemukan pada nyamuk spesies Aedes Africanus di lokasi yang sama. Akhirnya wabah ini menjangkiti manusia, tepatnya di Nigeria di tahun 1954.

Virus Zika terus menyebar ke luar Afrika hingga Asia di tahun 2007. Kemudian tahun 2015, virus ini menyerang Brasil dan menggegerkan dunia karena menyerang janin bayi pada wanita hamil, yang pada akhirnya melahirkan anak dengan kondisi kurang sempurna. Di Indonesia sendiri, penyebaran virus Zika telah terdeteksi di Jambi pada tahun 2015 lalu.

Sebagai catatan, Virus Zika ini disebarkan oleh nyamuk Aedes yang terinfeksi. Nyamuk jenis ini sangat aktif bergerilya mencari mangsa di siang hari, serta berkembang biak di genangan-genangan air. Selain melalui nyamuk, ternyata virus Zika juga bisa menular melalui transfusi darah dan hubungan seksual.

Bicara tentang gejala virus Zika, ternyata penyakit ini juga berpengaruh pada kesehatan mata. Menurut dokter spesialis penyakit dalam, Ari Fahrial Alam, dari Internal Medicine Jakarta, gejala yang menonjol jika terinfeksi virus Zika adalah mata merah, yang menyertai demam tinggi, nyeri otot dan sendi. Lebih lanjut, dokter yang juga bertugas di RS MH Thamrin Salemba ini, menyebutkan bila gejala infeksi virus Zika juga ditandai dengan munculnya sakit kepala, lemas, serta kulit yang memerah pada badan, punggung, serta kaki.

Jadi, jika terjadi gejala mata merah yang disertai dengan gejala infeksi virus Zika seperti di atas, segera lakukan pertolongan dengan membawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat. Tapi bila ternyata hanya gejala dari mata kering atau iritasi mata tanpa diikuti dengan sakit kepala atau demam, segera berikan obat tetes terbaik yang akan meredakan mata merah dan iritasi mata secara cepat dan tuntas. Untuk mata iritasi karena rasa gatal yang tiba-tiba datang tanpa diundang, pakai Braito Original untuk meredakannya.

Pastikan juga bahwa lingkungan sekitar terbebas dari genangan-genangan air yang bisa menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk dan virus Zika. Sama seperti mengatasi mata merah karena iritasi mata, atasi wabah Zika sejak dini demi menjaga kesehatan seluruh keluarga.

Virus Zika dan Kaitannya Dengan Kesehatan Mata | Admin | 4.5