Trik Jaga Kesehatan Mata Selama Ramadan

By On Senin, April 30th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Gara-gara puasa lantas maunya hanya tiduran saja? Sekilas memang nyaman, tetapi pola pikir semacam itu sepertinya harus diubah, Sahabat Braito.Trik Jaga Kesehatan Mata Selama Ramadan - Trik Jaga Kesehatan Mata Selama Ramadan

Berpuasa bukan artinya enggan beraktivitas atau hidup malas-malasan. Justru dengan hadirnya puasa, tubuh semestinya bisa mendapatkan kemanfaatan. Salah satunya dengan melakukan aktivitas fisik, yang dapat membuat tubuh tetap bugar selama Ramadan. Begitu juga dengan mata.

Sahabat Braito perlu menerapkan beberapa tips berikut, agar kesehatan mata senantiasa terjaga.

Jangan Merokok

Ada banyak manfaat yang akan Sahabat Braito peroleh, jika tidak merokok saat sahur dan buka, apalagi saat sedang berpuasa. American Academy of Ophthalmology (AAO), dengan tidak merokok, risiko untuk mengalami beragam gangguan kesehatan mata, khususnya selama Ramadan, seperti macular degeneration dan katarak bisa diminimalkan.

Kurangi Sajian Berasa Manis

Puasa memang surganya takjil dan beragam street food menggoda. Tapi, ingat. Hampir sebagian besar takjil mengandung gula berlebihan. Gary Heiting, OD, ahli kesehatan mata internasional dari Park Nicollet Medical Center di Minneapolis, menjelaskan makanan dengan kadar gula berlebihan dapat memicu terjadinya diabetes retinopati. Penyakit ini tidak memiliki gejala awal, sehingga segera insaf jika Sahabat Braito penggemar takjil manis berlebihan.

Terapkan Pola Makan Sehat

Sebaliknya, agar kesehatan mata terjaga selama berpuasa, terapkan pola makan sehat. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, karena makanan tersebut sumber terbaik antioksidan yang dapat menjauhkan diri dari risiko katarak dini. Selain banyak-banyaklah makan ikan saat berbuka maupun sahur. Sebab, kandungan omega-3-nya dapat membantu mereduksi risiko terkena penyakit mata berupa macular degeneration.

Rajin Olahraga

Bangun dari kasur, dan lakukan olahraga satu jam sebelum berbuka. Tidak hanya akan membuat tubuh tetap bugar selama Ramadan, namun juga bermanfaat bagi kesehatan mata. Menurut lansiran AAO, rajin berolahraga secara rutin dapat mereduksi risiko macular degeneration, salah satu jenis penyakit mata berbahaya, hingga 70 persen.

Untungnya lagi olahraga sebelum berbuka, usai olahraga bisa langsung minum air putih dan makan buah-buahan segar. Jangan lupa, segarkan juga mata dari luar dengan meneteskan Braito Tears. Obat tetes mata ini berperan sebagai air mata buatan yang dapat membantu menyejukkan mata kering usai berpuasa seharian.

Trik Jaga Kesehatan Mata Selama Ramadan | Admin | 4.5