Trik Cepat Atasi Mata Pedih Karena Serbuk Lada

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Adi, bukan nama sebenarnya, seorang lelaki seumuran anak-anak SMA yang gemar berwisata kuliner. Hampir semua makanan yang terlihat di depannya pernah ia coba dan masuk ke dalam mulutnya. Namun entah mengapa hatinya melanglang-buana, teringat dengan mantan pacarnya yang suka banget kalau diajak makan mie ayam dengan taburan serbuk lada.Trik Cepat Atasi Mata Pedih Karena Serbuk Lada - Trik Cepat Atasi Mata Pedih Karena Serbuk Lada

Tanpa membuang banyak waktu, berangkatlah Adi mengenang masa lalu ke warung mie ayam langganan saat masih berdua. Ah, sudah beberapa bulan tak ke tempat itu. Padahal dulu hampir tiap hari sepulang sekolah, Adi dan sang mantan yang telah menghilang mampir ke tempat tersebut.

Semangkok mie ayam pun dihidangkan. Dengan tatapan nanar, Adi melihatnya, menghela nafas, dan tak lupa mengambil botol serbuk lada yang ada di sampingnya. Hatinya berdegup kencang mengenang masa-masa itu, apalagi Adi paling suka melihat senyum mantannya yang girang sambil menaburkan serbuk lada.

Apes, gara-gara hilang konsentrasi dan tangan yang gemetar, serbuk lada yang harusnya ditaburkan ke mangkok mie malah terbang. Malangnya lagi, ada serbuk yang terbang dan hinggap ke mata Adi. Waduh, panasnya tak terkira. Sepanas hati Adi ketika melihat mantan diam-diam sudah bergandengan dengan pria lain.

Kalau kamu adalah Adi, meski pun tanpa punya kisah mantan dan mie ayam, segera lakukan langkah-langkah untuk mengatasi mata yang kemasukan serbuk lada.

Jangan Digosok

Menggosok mata yang kelilipan adalah hal tabu, terutama kalau kemasukan serbuk lada. Memang, rasanya menyiksa, tapi panik dan menggosoknya bukanlah solusi yang tepat. Menurut laporan dari University of Rochester Medical Center, mengucek mata terlalu keras, apa lagi karena efek pedas dari serbuk lada, dapat menarik kotoran ke kornea. Akibatnya, selain iritasi, butiran tersebut juga dapat menggores kornea.

Bilas Dengan Air

Mungkin kalau kemasukan kotoran biasa, berkedip-kedip bisa menjadi solusi yang tepat. Namun kalau yang masuk adalah serbuk lada, wah, jadi takut juga untuk melakukannya. Cara lain adalah dengan menampung air bersih di sebuah wadah. Bisa cawan, gelas, atau piring. Kemudian benamkan mata yang terinfeksi serbuk lada dan kedip-kedipkan saat dicelupkan di air tersebut.

Pakai Obat Tetes Mata

Cara aman lainnya untuk mengatasi mata pedih gara-gara serbuk lada adalah dengan menggunakan tetes mata. Menurut keterangan dr. M. Nurdin Zuhri, SpM, dari RS Universitas Airlangga, cara paling aman ketika mata kemasukan benda asing atau kelilipan adalah melakukan irigasi, atau mengguyur benda asing di mata dengan air steril.

Braito Original adalah tetes mata steril yang punya fungsi meredakan iritasi mata yang diakibatkan oleh benda asing, sekaligus membantu mata dalam membuang butiran-butiran serbuk lada keluar dari indera penglihatan. Gunakan 1-2 tetes pada mata yang terinfeksi saja. Teteskan sebanyak 2-3 kali dalam sehari, hingga mata benar-benar sembuh dari iritasi ringan.

Tiup Mata

Cara tradisional ini memang sangat dipercaya bisa menghilangkan serbuk lada atau debu yang masuk ke mata. Mintalah tolong kepada teman atau orang lain yang ada di dekat Sahabat Braito untuk meniup mata yang terkena iritasi. Namun cara ini tidak sepenuhnya aman karena tiupan tersebut bisa menghilangkan kelembapan mata yang menyebabkan mata terasa kering.

Menangis

Inilah saat yang tepat bagi Adi untuk menguak memori-memori buruk bersama sang mantan. Tujuannya adalah supaya bisa menangis. Dengan menangis, volume air mata yang keluar akan meluber dan mempercepat terbuangnya serbuk-serbuk lada dari dalam mata. Sebagai catatan, cara ini bakal sulit dilakukan oleh mereka yang jomblo karena sudah pasti tidak punya alasan untuk menangis.

Bila rasa pedih bertahan selama beberapa hari, tidak ada salahnya segera menghubungi dokter untuk berkonsultasi langkah-langkah penyembuhan secara intensif. Selain itu lain kali lebih hati-hati, ya, kalau menggunakan bubuk lada. Jangan sampai mampir ke mata lagi.

Trik Cepat Atasi Mata Pedih Karena Serbuk Lada | Admin | 4.5