Tips Relaksasi Agar Otot Mata Tidak Terlalu Tegang

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Masyarakat perkotaan memiliki jadwal yang sangat padat. Tak terasa, beberapa di antara kegiatan bisa bikin mata pegal dan tegang. Misal, ketika harus melihat layar komputer atau gadget seharian penuh. Entah itu untuk bekerja atau hanya akan memainkan Pokemon Go. Bahkan ketika menikmati hiburan pun, seperti nonton bioskop atau karaoke bersama teman-teman, mata tetap dipaksa untuk bekerja. Ditambah lagi seharian harus menyipitkan mata akibat teriknya sinar matahari, disertai debu dan polusi yang bisa bikin penglihatan semakin tersiksa.

Berdasarkan penelitian kesehatan, mata lelah pun bisa menimbulkan permasalahan di kemudian hari bagi manusia. Namun biasanya orang cenderung mencari pengobatan setelah dampak mata lelah ini sudah sangat memengaruhi kesehatan. Akhirnya ongkos pengobatan pun jadi tidak murah lagi. Hal itu diungkapkan oleh dr. Ikhsan Revino, SpM, salah satu ahli mata di klinik mata SMEC Jakarta.

“Biasanya, para pasien tidak sadar dengan kondisi yang ada, dan mereka baru pergi menemui dokter mata setelah mata mereka mengalami masalah yang lebih serius,” ujar dr. Ikhsan.

Kalau mata sudah terlalu lelah, bukan berarti terus mengajak untuk tidur dan beristirahat. Dampak dari mata lelah adalah kepala yang terasa pusing, mata perih, penglihatan berkunang-kunang, mual, kabur, dan lain-lain. Selain itu, keengganan manusia untuk berkedip karena terlalu fokus dalam bekerja akhirnya membuat mata terasa kering. Untuk mengatasi hal ini, coba berikan 1-2 tetes Braito Tears untuk meringankan mata. Braito Tears dapat berfungsi sebagai air mata buatan, sehingga dapat melumasi dan menyegarkan kembali indera penglihatan.

Selain itu, Sahabat Braito juga bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk merelaksasi mata yang terlalu tegang.

  • Pertama, ambil tempat duduk yang nyaman. Tapi jangan mengambil kursi bos. Bisa dimarahi nanti. Tutup kelopak mata dan tenangkan pikiran. Nikmati kesendirian, tapi jangan sampai teringat mantan. Gosok-gosokkan kedua telapak tangan hingga hangat, kemudian letakkan keduanya pada kelopak mata yang menutup. Tempelkan saja, tak perlu ditekan hingga mata terasa lebih enteng.
  • Setelah itu buka pandangan dan fokuskan ke atas. Tahan selama lima detik. Gerak-gerakkan bola mata secara santai. Kemudian ganti pandangan ke bawah dan tahan selama lima menit dan ulangi beberapa kali.
  • Setelah itu ubah gaya dengan arah pandangan ke kanan dan kiri. Lakukan gerakan yang sama seperti di atas. Ulangi beberapa kali.
  • Setelah dirasa cukup, kembali pejamkan mata. Saat terpejam, gerakkan bola mata ke segala arah secara teratur. Ulangi beberapa kali.
  • Pada tahap akhir, coba fokuskan pandangan ke obyek yang jauh. Melihat rekan kerja dan juga gebetan yang duduk di sebelah sana, misal. Fokuskan pandangan selama tiga detik. Kemudian ganti fokus ke obyek yang lebih dekat dan tahan pandangan selama tiga detik.

Supaya mata terhindar dari rasa lelah dan kekeringan, sebagai saran, jangan lupa untuk sering-sering berkedip. Tapi jangan sering berkedip sambil lihat gebetan, bisa ge-er nanti orangnya. Hal ini untuk menghindari dehidrasi pada mata. Berikan pula pijatan-pijatan lembut yang diberikan sambil memejamkan mata setelah beberapa jam duduk di depan layar monitor. Cara lainnya adalah menatap keluar jendela ruangan, menikmati pemandangan di bawah selama beberapa menit.

Semoga tips sederhana untuk relaksasi otot mata ini berguna untuk Sahabat Braito, sekaligus kembali memompa semangat kerja. Selamat mencoba!

Tips Relaksasi Agar Otot Mata Tidak Terlalu Tegang | Admin | 4.5