Tips Jaga Kesehatan Mata Saat Musim Pancaroba

By On Jumat, April 27th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Banyak orang bilang, musim pancaroba adalah musim penyakit. Perpindahan dari musim panas ke musim hujan dengan intensitas cuaca yang berubah-ubah membuat iklim tidak bersahabat bagi semua makhluk yang berjalan di muka bumi. Bagi manusia, inilah saat-saat rentan untuk kesehatan. Penyakit seperti influenza, batuk, hingga penyakit mata bisa menjadi gangguan dalam beraktivitas.

Menurut Ketua Departemen Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Prof.Dr.dr. I Made Djaja, SKM, MSc pada permulaan musim hujan, penyakit yang disebabkan oleh virus biasanya mulai datang, di antaranya chikungunya, campak, cacar, DBD, hepatitis, dan sakit mata.

Dari beberapa gangguan tubuh, salah satu yang sangat mengganggu adalah ketika menyerang kesehatan mata. Bagaimana tidak, bagian tubuh yang vital dan diperlukan untuk melihat malah diserang penyakit. Penglihatan menurun bikin malas untuk beraktivitas. Apakah harus bolos kuliah atau kerja? Sebelum sakit mata menghampiri Sahabat Braito di masa pancaroba, lakukan beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata seperti di bawah ini.

Lindungi Mata Saat di Luar Ruangan

Pancaroba biasanya dibarengi dengan hembusan angin yang kencang, menerbangkan debu dan kotoran. Apalagi bila saat itu tanah sedang kering. Hati-hati, angin tidak hanya membawa debu dan kotoran, tetapi juga virus dan bakteri penyebab penyakit. Lindungilah tubuh, terutama bagian mata dengan menggunakan kacamata saat berada di luar ruangan.

Kalau tiba-tiba mata merah karena kemasukan debu, segera berikan Braito Original. Obat tetes mata ini bekerja efektif dan cepat meredakan iritasi mata ringan akibat angin, debu, atau kotoran. Berikan 1-2 tetes di mata yang terinfeksi dan biarkan Braito Original memulihkan kesehatannya.

Minum Vitamin

Penuhi kebutuhan tubuh akan vitamin, dengan asupan multivitamin & mineral yang lengkap sehingga akan memperkuat daya tahan tubuh saat cuaca tidak menentu. Selain itu, jangan lupakan pula vitamin A untuk menjaga kesehatan mata agar tetap sehat dan cerah.

Tidur yang Cukup

Kurang istirahat juga bisa membuat daya tahan tubuh menurun, terutama saat pancaroba melanda. Kalau daya tahan menurun, mata pun bisa cepat mengalami gangguan kesehatan ketika ada radikal bebas yang beterbangan diterpa angin. Makanya, perkuat level kesehatan dengan memberikan waktu istirahat yang cukup. Tidur delapan jam sehari tidak hanya membuat mata selalu segar ketika beraktivitas, tetapi juga memiliki pertahanan berlapis dari penyakit-penyakit mata.

Makanan Bergizi

Asupan gizi untuk kesehatan mata tidak hanya terkandung dalam segelas jus wortel saja. Untuk mata yang sehat anti sakit di musim pancaroba, selalu pastikan mengonsumsi makanan bergizi. Cukupi kebutuhan gizi seimbang supaya indera penglihatan sehat terjaga.

Periksa ke Dokter

Bila merasa ada keluhan pada mata yang sulit sekali disembuhkan, meski sudah menggunakan obat tetes mata, segera kunjungi dokter ahli mata untuk mengetahui gejala atau penyakit apa yang menghinggapinya. Jangan remehkan karena kalau terlambat bakal semakin merepotkan.

Itulah lima tips untuk menjaga kesehatan mata saat musim pancaroba datang. Selalu jaga supaya mata tetap dalam kondisi terbaiknya agar bisa melewati berbagai halangan dalam menaklukkan dunia.

Tips Jaga Kesehatan Mata Saat Musim Pancaroba | Admin | 4.5