Terbius Keindahan Danau Labuan Cermin

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Lifestyle

Braito.co.id – Apa sih yang tidak ada di Indonesia? Segala hal serasa tersedia semuanya di sini, menanti setiap pengunjung untuk menikmatinya. Bahkan yang unik pun juga ada di salah satu sudut nusantara, yaitu danau dengan dua rasa berbeda, Labuan Cermin.Terbius Keindahan Danau Labuan Cermin - Terbius Keindahan Danau Labuan Cermin

Mengapa dua rasa? Ternyata ada alasannya. Labuan Cermin ini merupakan danau yang memiliki dua jenis cairan dalam satu kubangan, air laut dan air tawar. Air laut menjadi dasar yang menopang air tawar agar tetap berada di atas mereka. Begitu kompaknya keduanya, sepertinya fenomena alam ini telah berlangsung puluhan ribu tahun, tanpa pernah ada perubahan.

Itulah keunikan Danau Labuan Cermin yang kini jadi salah satu incaran para petualang muda Indonesia, bahkan dunia. Danau ini terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur. Untuk mencapainya, diperlukan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. Jangan kendur melihat perjalanannya yang sangat lama. Begitu sampai di Labuan Cermin, segala lelah akan musnah dan terobati.

Disarankan bagi para pengunjung untuk datang beramai-ramai beserta dengan rombongan. Ini karena sewa kapal akan terasa sangat mahal ketika peserta hanya satu atau dua orang. Kalau ramai-ramai, sewa perahu bisa dilakukan dengan patungan sehingga harga pun jatuhnya lebih murah.

Mengapa diberi nama Labuan Cermin?

Hal ini tak lepas dari fenomena alam ketika cahaya matahari terpantul dari air danau tersebut. Selain itu, air di danau ini sangat bersih. Berbeda dengan danau kebanyakan yang memiliki air berwarna cokelat. Dari atas, pemandangan dasar terlihat sangat sempurna, membuat setiap pengunjung yang datang ke sana tak sabar untuk menceburkan diri ke dalamnya.

Bicara tentang danau dua rasa, Labuan Cermin adalah anugerah Tuhan yang unik. Dengan kedalaman sekitar empat sampai lima meter, ada dua lapisan air berbeda di dalamnya, yaitu air tawar dan asin. Makhluk hidup yang ada di dalamnya pun juga berbeda-beda. Pada lapisan atas, terdapat ikan-ikan dan tumbuhan air tawar, menyelam lebih ke dalam, Sahabat Braito akan menemukan kehidupan yang lain, yang bisa ditemukan di laut.

Hati-hati ketika menyelam di lapisan air asin. Kandungan garam bisa membuat mata perih dan iritasi. Kalau pandangan terasa tak nyaman gara-gara terkena air asin Danau Labuan Cermin, segera kembali ke permukaan. Gunakan 1-2 tetes Braito Original pada mata yang teriritasi. Lakukan 2-3 kali sehari. Namun, jika selama tiga hari iritasi mata masih berlanjut, segera periksakan ke dokter mata terdekat atau setelah pulang liburan di Danau Labuan Cermin.

Keindahan Danau Labuan Cermin tak hanya karena keunikan airnya saja. Tempat ini dikelilingi oleh pohon-pohon dengan dedaunannya yang rimbun. Berdiam diri sambil menikmati keindahan alam di sekitar danau ini bakal membuat pikiran menjadi segar kembali. Selain itu, beberapa sarana penunjang untuk para pengunjung juga sudah disediakan di tempat ini. Dalam beberapa tahun ke depan, bisa dipastikan bahwa Danau Labuan Cermin akan menjadi salah satu destinasi wisata favorit Indonesia.

Bagi Sahabat Braito yang punya rencana berpetualang ke Kalimantan Timur, jangan hanya menghampiri Pula Derawan dan Maratua saja. Sempatkan diri untuk mengunjungi Labuan Cermin supaya petualangan di Pulau Borneo ini benar-benar komplit.

Terbius Keindahan Danau Labuan Cermin | Admin | 4.5