Tenangkan Pikiran di Hutan Pinus Mangunan

By On Minggu, April 1st, 2018 Categories : Lifestyle, Menarik

Braito.co.id – Rasa marah itu bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Marah itu bisa diakibatkan oleh diri sendiri dan juga orang lain. Marah pada diri sendiri, misal, nekad beli tiket untuk film Indonesia yang diragukan kualitasnya. Ternyata filmnya benar-benar meragukan. Sudah habis beberapa puluh ribu, ternyata hiburannya tidak bermutu, marahlah kita.Tenangkan Pikiran di Hutan Pinus Mangunan - Tenangkan Pikiran di Hutan Pinus Mangunan

Contoh marah gara-gara orang lain? Banyak. Terutama dalam kehidupan berpacaran. Melihat si dia tiba-tiba menggandeng orang lain. Hati dan kepala rasanya berdenyut-denyut, tapi apa mau dikata, Sahabat Braito dan gebetan cuma teman biasa. Cinta pun bertepuk sebelah kaki.

Manusia memang didesain untuk bisa marah. Tapi apalah gunanya amarah kalau cuma menambah jumlah rambut putih di kepala? Ketika stres dan amarah akibat pekerjaan sudah sampai di ujung kepala, saatnya untuk menenangkan diri di tempat yang sepi.

Nah, untuk mencari ketenangan itu paling cocok dengan hawa-hawa pegunungan, ditaburi dengan aroma pohon pinus yang memang punya efek menenangkan bagi siapa pun yang mencium keharumannya. Di jantung Pulau Jawa, tepatnya di Daerah Istimewa Yogyakarta, ada tempat yang memenuhi kriteria tersebut dan disebut sebagai Hutan Pinus Mangunan.

Hutan Pinus Mangunan ini letaknya di perbukitan Dlingo, sebuah tempat wisata baru yang kini digemari oleh para kaum muda, baik dari Yogya sendiri mau pun dari kota-kota lain. Sesuai dengan namanya, Hutan Pinus Mangunan memang ditumbuhi oleh ribuan pohon pinus. Hanya saja, pepohonan di tempat ini tampak berjajar rapi. Memasuki area ini rasanya seperti berada di dalam hutan yang ada di film-film Hollywood. Kalau datang di pagi hari, cahaya matahari yang merangsek masuk ke celah-celah pohon bakal bikin suasana jadi syahdu, plus cocok banget kalau diabadikan dengan foto dan diunggah ke media sosial.

Hutan Pinus Mangunan dikelola oleh Resort Pengelolaan Hutan Mangunan. Untuk mencapainya, tinggal lalui saja jalan menuju taman makam Raja-Raja Imogiri. Biasanya orang-orang menyebutnya sebagai Hutan Pinus Imogiri. Jadi kalau ingin bertanya kepada orang-orang di jalan, dua nama di atas bisa ditanyakan bila salah satunya tidak diketahui oleh mereka.

Dengan luas lahan kurang lebih 500 Ha, pengelola mampu mengubah kawasan yang dulunya tandus menjadi sebuah hutan pinus yang asri dan menjadi tujuan wisata baru buat Sahabat Braito yang berkunjung ke Yogyakarta. Semua fasilitas umum pun sudah tersedia di tempat ini, mulai dari mushola, gardu pandang, panggung pertunjukan, kamar mandi umum, hingga warung-warung buat yang merasakan perut keroncongan saat berada di Hutan Pinus Mangunan.

Tapi harus diingat, karakter hutan pinus saat memasuki musim kemarau adalah tanah yang berdebu. Untuk itu, sediakan Braito Original saat berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan. Bisa saja butiran debu halus terbang dan masuk ke mata dan menyebabkan iritasi. Karena berfoto dengan mata merah adalah ide yang sangat buruk, memakai 1-2 tetes Braito Original untuk menyembuhkan iritasi mata karena debu adalah solusi tepat. Teteskan Braito Original 2-3 kali sehari. Namun, bila mata terus mengalami rasa sakit tiga hari setelah teriritasi, segera hubungi dokter agar mendapatkan penanganan lebih tepat.

Kembali ke Hutan Pinus Mangunan, obyek wisata lain yang berada di tempat tersebut adalah sumber mata air Bengkung. Konon, tempat ini dipercaya adalah tempat bertapanya Sultan Agung Hanyakrakusuma, lho. Selain mistis, tempat ini juga mengandung nilai-nilai sejarah. Pengunjung bisa mencapai sumber mata air ini dengan melakukan trekking, menembus hutan belantara. Tapi buat yang tidak memiliki banyak waktu, perjalanan bisa ditempuh dengan motor atau sepeda biasa.

Cobalah untuk berdiam diri sejenak saat berada di Hutan Pinus Mangunan. Biarkan kesegaran aroma pinus menyeruak masuk ke dalam hidung dan membuat otak melambatkan kinerjanya sehingga Sahabat Braito lebih tenang dan nyaman. Rasakan hingga beban-beban pikiran terangkat dengan sendirinya, kembali ke titik nol dan mencapai kesegaran baru. Siap untuk menyambut setiap tantangan dalam hidup.

Ada banyak kesenangan saat pergi ke Pantai Ora. Untuk itu, persiapkan diri dengan baik-baik agar petualangan di tanah Maluku Utara tidak sia-sia begitu saja. Dengan persiapan yang baik, berkelana ke Pantai Ora jadi lebih memuaskan.

Tenangkan Pikiran di Hutan Pinus Mangunan | Admin | 4.5