Temuan Baru, Rajin Makan Alpukat Bantu Turunkan Risiko Katarak Dini

By On Rabu, Mei 2nd, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Mata adalah jendela dunia. Menjaga kesehatannya adalah sebuah kewajiban. Bayangkan kalau salah satu, atau bahkan kedua bola mata mengalami kerusakan. Mau dicari di mana gantinya? Beli di pasar pun tidak ada pedagang yang menjual, kecuali mata sapi atau mata ikan.Temuan Baru Rajin Makan Alpukat Bantu Turunkan Risiko Katarak Dini - Temuan Baru, Rajin Makan Alpukat Bantu Turunkan Risiko Katarak Dini

Karena itu, bukanlah sesuatu yang luar biasa bila seseorang berupaya keras untuk menjaga kesehatan. Mulai dengan aktivitas fisik, seperti senam mata, hingga konsumsi buah-buahan bervitamin dan suplemen makanan agar indera penglihatan semakin kuat dan sehat.

Selain itu, bila mata mengalami gangguan penglihatan, misal karena iritasi mata ringan atau mata lelah, segera berikan pertolongan pertama menggunakan obat tetes mata. Patut diketahui bahwa gejala-gejala sakit mata ringan, seperti mata merah, mata perih,atau mata berair bisa menjadi sakit yang serius bila dibiarkan begitu saja, tanpa perawatan dan pertolongan dini. Untuk itu, selalu sediakan obat tetes mata di rumah dan di mana pun Sahabat Braito pergi.

Bicara tentang perawatan mata, selain dengan obat sakit mata saat mengalami iritasi mata ringan, manusia sebagai pemiliknya juga harus melakukan perawatan dari dalam, yaitu dengan konsumsi buah-buahan yang membantu menjaga dan merawat indera penglihatan.

Salah satu buah yang memiliki kegunaan sangat tinggi adalah alpukat. Buah hijau dengan daging lembut yang biasa dikonsumsi sebagai jus oleh Sahabat Braito. Seperti kebanyakan buah-buah lainnya, alpukat pun juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan diperlukan untuk menjaga agar tubuh manusia tak mudah terjangkit penyakit yang dibawa oleh kuman dan virus.

Nah, di balik kesamaan tersebut, tersembunyi keistimewaan yang ekslusif, hanya dimiliki oleh buah alpukat. Dikutip dari laman Authority Nutrition, buah berkulit hijau dengan rasa yang gurih tersebut memiliki dua jenis antioksidan, yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa ini memiliki manfaat yang sangat besar dalam menjaga kesehatan mata.

Dalam beberapa penelitian, lutein dan zeaxanthin memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makular pada orang yang mengonsumsinya.

Menurut American Optometric Association, lutein dan zeaxanthin ini adalah karotenoid yang memiliki fungsi sebagai penyaring terhadap berbagai ancaman yang membahayakan mata, terutama gelombang ultraviolet. Keduanya berfungsi sebagai penangkal sel-sel jahat yang berusaha menyerang mata.

Menurut penelitian, lutein memiliki khasiat luar biasa untuk menjaga kesehatan makula mata. Mengonsumsi buah alpukat yang mengandung kurang lebih 81 mikrogram lutein per hari akan membuat mata tetap sehat dan jernih hingga lanjut usia, serta mencegah timbulnya katarak sejak dini.

Bila Sahabat Braito ingin tetap memiliki pandangan yang tajam meski sudah menjadi kakek atau nenek dengan puluhan cucu, mulai sekarang, rajin-rajinlah mengonsumsi alpukat. Lagi pula, rasanya sangat enak dan segar, lho. Diminum setiap hari pun bakal tetap suka, tanpa khawatir bosan.

Temuan Baru, Rajin Makan Alpukat Bantu Turunkan Risiko Katarak Dini | Admin | 4.5