Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Kerap Sebabkan Iritasi Mata

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Kalau cinta yang datangnya tidak disadari, justru sangat diharapkan. Dari sekadar sapaan, jadi teman. Beberapa waktu kemudian pacaran. Eh, tak disangka malah berlanjut ke pelaminan.

Itu kalau cinta, Sahabat Braito. Beda halnya dengan iritasi mata yang datang tiba-tiba. Bukannya bikin bahagia, malah merana dibuatnya. Lagi enak-enaknya beraktivitas tiba-tiba saja organ mata terasa sakit. Karena tidak diketahui penyebabnya, kepanikan pun muncul.

Takut hal-hal buruk terjadi. Bahkan ada pula yang mengaitkannya dengan mitos, gara-gara kemarin tak sengaja mengintip orang mandi saat sedang menikmati akhir pekan sambil mancing ikan di sungai.

Disadari atau tidak, gangguan kesehatan mata bisa terjadi kapan saja dan ada penyebabnya. Daripada panik dan mengaitkannya dengan mitos, berikut adalah lima hal yang kerap menyebabkan iritasi mata tanpa disadari manusia.

Lensa Kontak

Lensa kontak memang bikin seseorang jadi ganteng atau cantik jelita. Warna mata juga berubah jadi lebih menarik. Yang asli Indonesia jadi seperti keturunan Amerika, memiliki mata biru nan cantik.

Namun, penggunaan lensa kontak yang tidak benar ternyata bisa menyebabkan iritasi. Misalnya, karena dibiarkan di udara terbuka sehingga ada butiran debu yang menempel di sana. Ketika dikenakan, kontan saja bikin mata berair dan terasa tidak nyaman. Selain itu, sebaiknya konsultasikan dulu keinginan menggunakan lensa kontak dengan dokter mata. Siapa tahu, matanya sensitif dan perlu perlakuan khusus sebelum mengenakan softlens.

Boleh-boleh saja mengenakan lensa kontak tapi sesuai aturan, Sahabat Braito. Simpan di tempat yang bersih dan steril supaya bisa digunakan berulang-ulang tanpa khawatir iritasi mata.

Pendingin Ruangan

Bukan berarti mesin AC masuk ke mata, ya. Menurut dr. Kantika Prinandita, Sp.M dari RS Hermina, Bogor, air conditioner adalah salah satu gangguan mata yang sering dialami orang dewasa, terutama di usia produktif.

Pendingin ruangan bisa menyebabkan iritasi mata karena udara dingin yang dihasilkannya membuat kelembapan mata berkurang. Karena kurangnya cairan, mata jadi terasa kesat dan tak nyaman saat dipakai untuk berkedip dan menimbulkan mata gatal.

Polusi Udara

Bagi yang sering berkendara dengan motor pasti sering merasa tiba-tiba kesehatan matanya terganggu. Mata terasa panas dan sulit diajak fokus. Sebenarnya hal ini disebabkan oleh polusi udara yang disebabkan oleh asap hasil pembakaran kendaraan. Satu-dua detik mungkin tidak terasa. Tapi setelah beberapa jam terjebak kemacetan, baru terlihat dampaknya.

Melihat Layar Gawai atau Komputer

Biasanya hal ini terjadi ketika Sahabat Braito terlalu asyik dengan sebuah aktivitas sehingga lupa berkedip. Misal, bermain game di gawai, atau berlama-lama di depan layar komputer. Kedipan mata berfungsi untuk merangsang produksi air mata supaya penglihatan tetap lembap dan terjaga kesehatannya.

Bila mengalami mata merah yang menyertai iritasi mata akibat terlalu lama melihat gawai, berikan pertolongan dengan obat tetes mata. Braito Original bisa menjadi solusi yang tepat untuk meredakan iritasi mata akibat terlalu lama melihat layar. Cukup 1-2 tetes selama 2-3 kali sehari pada bagian mata yang mengalami iritasi. Namun, apabila sakit mata berlanjut, segera periksakan ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif.

Alergi

Berjalan-jalan di taman bunga pasti menyenangkan, apalagi kalau ditemani dengan pasangan. Akan tetapi kesenangan itu bisa berubah menjadi siksaan ketik tiba-tiba saja mata berair menyerang. Usut punya usut, ternyata serbuk sari yang beterbangan dan tak terlihat menyempatkan diri mampir ke mata. Karena kemasukan benda asing, mata pun melakuan reaksi alami, memperbanyak cairan mata agar zat-zat asing tak mengenai permukaannya.

Itulah lima hal yang kerap sebabkan iritasi mata tanpa disadari manusia. Makanya, bawa selalu Braito Original ke mana saja karena sakit mata bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Kerap Sebabkan Iritasi Mata | Admin | 4.5