Takjub! Ini Temuan Baru Sains tentang Fakta Unik Mata

By On Rabu, Mei 2nd, 2018 Categories : Menarik

Braito.co.id – Ilmu pengetahuan tidak pernah mundur ke belakang. Setiap hari, selalu ada temuan baru yang mengejutkan. Termasuk untuk organ mata, yang merupakan jendela kehidupan bagi manusia.Takjub Ini Temuan Baru Sains tentang Fakta Unik Mata - Takjub! Ini Temuan Baru Sains tentang Fakta Unik Mata

Ternyata yang selama ini Sahabat Braito ketahui tentang mata hanyalah sebagian saja. Masih banyak fakta-fakta yang belum terungkap dari alat untuk melihat ini. Salah satu yang terbaru adalah mata manusia.

Mata Manusia Tidak Steril dari Mikroba

Dilansir dari Prima (14/7), para ilmuwan dari National Eye Institute, Amerika Serikat menemukan bahwa pendapat bahwa mata manusia itu steril adalah salah. Hal ini ditemukan setelah mereka mengusap kelopak mata tikus percobaan dan menemukan banyak bakteri di sana, salah satunya adalah Corynebacterium masitidis  atau C.mast.

Berbeda dengan kebanyakan mikroba yang merugikan manusia, C.mast dianggap menguntungkan karena menimbulkan respons kekebalan untuk mencegah terjadinya infeksi mata tertentu. Meski ditemukan di tikus, ilmuwan meyakini bahwa kondisi itu juga bisa diterapkan pada manusia.

Salah satu peneliti, Rachel Caspi mengemukakan pendapatnya pada Time (14/7):

“Fisiologi permukaan okular tikus serupa dengan manusia, oleh sebab itu sangat mungkin bahwa apa yang kita temukan di mata tikus juga berlaku untuk mata manusia.”

Ia berharap, dengan temuan ini, para dokter mata lebih berhati-hati dalam memberikan resep antibiotik untuk mengobati infeksi pada mata. Dikhawatirkan obat tersebut malah memusnahkan bakteri baik yang bertugas melindungi mata dari penyakit berbahaya.

“Ke depannya, terapi probiotik bisa dikembangkan agar mata tidak bergantung pada antibiotik,” jelas Caspi.

Jenis Mata Baru, Bisa Melihat di Kegelapan

Selain itu ada pula kabar menggemparkan dari Tiongkok bahwa ada seorang bocah yang dilahirkan dengan mata biru. Uniknya lagi, mata tersebut bisa menembus kegelapan, Sahabat Braito.

Dikutip dari Unniverse.org, seorang anak lelaki bernama Nong Yousui dari Dahua membuat mata dunia terbelalak dengan kemampuan ‘super’ yang dimiliki mata birunya. Ia bisa melihat dalam gelap. Bahkan ada teman Nong yang melihatnya menangkap jangkrik tanpa bantuan senter.

Apakah manusia sedang berevolusi? Kemungkinan, iya. Para ahli berpendapat bahwa kasus ini merupakan petunjuk bahwa terjadi evolusi pada manusia. Untuk Nong, kemampuan evolusinya pada retina, yang membuat konsentrasi sel batang di retina Nong sangat tinggi. Hanya saja, kemampuan Nong ini memiliki efek samping yang akan menyulitkannya, mata bocah ini jadi lebih sensitif dengan cahaya matahari.

Sehebat-hebatnya mata, namun tak bisa dipungkiri bahwa indera penglihatan bisa saja mengalami rasa sakit. Terutama dalam kehidupan sehari-hari, di mana manusia harus berjibaku dengan debu, asap kendaraan, asap rokok, hingga paparan sinar matahari yang terlampau kuat.

Bila sampai mengalami gejala mata perih atau mata merah karena iritasi mata ringan, segera gunakan 1-2 tetes Braito Original. Formula Tetrahydrozoline Hydrochloride 0,05% bekerja efektif meredakan gangguan iritasi, sekaligus kembali memulihkan kondisi mata seperti sedia kala. Gunakan dengan dosis 2-3 kali sehari untuk pengobatan yang optimal. Namun bila sakit berlanjut, segera pergi ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan secara intensif.

Takjub! Ini Temuan Baru Sains tentang Fakta Unik Mata | Admin | 4.5