Suguhan Wisata di Balik Sejuknya Berastagi

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kreatife, Wisata

Braito.co.id – Jangan dikira Sumatera Utara adalah tempat yang panas dan terik. Di provinsi yang memiliki ibukota Medan tersebut ada banyak tempat-tempat wisata berhawa sejuk. Salah satunya adalah kota kecil nan dingin bernama Berastagi.Suguhan Wisata di Balik Sejuknya Berastagi - Suguhan Wisata di Balik Sejuknya Berastagi

Berastagi adalah salah satu kebanggaan suku Karo, terletak sekitar  dua sampai tiga jam perjalanan dari Medan dan melintasi daerah perbukitan. Di sana terdapat banyak tempat wisata yang menjadi favorit warga Sumatera Utara. Jadi jangan heran kalau jalanan menjadi macet ketika musim liburan tiba karena sebagian besar warga berbondong-bondong menikmati wisata di kota ini.

Karena jarak yang dekat, banyak orang mengandalkan motor sebagai kendaraan mereka untuk menuju Berastagi. Ditemani dengan pemandangan alam khas Sumatera Utara, melaju bersama roda dua akan memberikan pengalaman tersendiri, terutama bila Sahabat Braito adalah petualang yang kebetulan sedang berpetualang ke Tanah Karo.

Sambil berpetualang, jangan lupa untuk membawa Braito Original Sekali Tetes, tetes mata untuk para traveler dengan kemasan praktis, sekali pakai, yang siap meredam gangguan-gangguan iritasi mata saat berkendara, seperti mata merah dan mata perih akibat debu dan polusi udara. Gunakan satu kemasan Braito Original Sekali Tetes pada mata yang sakit, dalam beberapa menit, Sahabat Braito siap melanjutkan perjalanan menuju Berastagi.

Bicara tentang Berastagi, berikut adalah suguhan-suguhan wisata di balik sejuknya kota pegunungan tersebut.

Air Terjun Sikulikap

Dari Medan, Air Terjun Sikulikap akan ditemui terlebih dahulu sebelum Kota Berastagi, tepatnya di dekat gerbang kota. Tempat wisata ini menyimpan pesona air terjun khas Sumatera Utara yang sangat memesona. Untuk mencapainya cukup mudah, tinggal titipkan motor di tempat parkir kendaraan, kemudian susuri anak-anak tangga menuju lokasi wisata air terjun yang memiliki ketinggian 30 meter tersebut. Perjalanan selama 15 menit akan terasa sangat menyenangkan karena bersentuhan langsung dengan alam.

Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-Sidebuk

Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-Sidebuk ini letaknya cukup dekat dengan tempat makan jagung bakar Berastagi, atau yang dikenal dengan nama Penatapan. Hanya beberapa menit saja Sahabat Braito akan menemukan sebuah kolam renang alami yang mengandung belerang dari dasar bumi. Paling pas untuk bersantai sejenak sambil merendam dan menikmati tubuh yang serasa dipijat-pijat oleh air kolam.

Wisata Taman Alam Lumbini

Ingin pergi ke Thailand tapi tabungan belum cukup? Jangan khawatir, di Berastagi juga ada sebuah tempat dengan suasana yang sangat mirip dengan Negeri Gajah Putih. Wisata Taman Alam Lumbini memiliki atraksi berupa pagoda berwarna emas yang membuat Sahabat Braito seperti berwisata ke luar negeri. Selain itu, di sekitar tempat ibadah umat Buddha tersebut juga terdapat taman yang ditata dengan sangat indah.

Rumah Pengasingan Soekarno

Ternyata Sang Proklamator, sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia, Bung Karno, pernah menginjakkan kaki ke Tanah Karo. Di sini terdapat sebuah rumah tempat ia diasingkan oleh penjajah Belanda. Lokasinya berada di dekat tempat wisata Bukit  dan merupakan bangunan rumah sederhana bergaya Eropa. Wah, ternyata ada jejak Bung Karno juga di Sumatera Utara, ya.

Bukit Gundaling

Selain pusat kota Berastagi, para pengunjung juga bisa meneruskan perjalanan menuju Gundaling, yang letaknya lebih tinggi dan lebih dingin. Tempat paling favorit adalah Bukit Gundaling, di mana suasana pegunungan benar-benar terasa di sini. Selain pohon-pohon pinus di sekelilingnya, Gunung Sibayak dan Sinabung yang berdiri tegak, serta kota Berastagi dari ketinggian juga merupakan pemandangan alam yang sangat memesona.

Gundaling Farm Brastagi

Selama di Gundaling jangan lupa pula untuk singgah di Gundaling Farm. Tempat ini merupakan sebuah peternakan sapi yang disulap menjadi tempat wisata. Selain bisa melihat proses pemerahan sapi, wisatawan juga bisa mencicipi hasil olahan dari susu segar.

Jadi jangan hanya bepergian di Medan atau Danau Toba saja saat berkunjung ke Sumatera Utara. Nikmati kesejukan dan kedamaian yang ditawarkan oleh masyarakat Karo di Berastagi.

Suguhan Wisata di Balik Sejuknya Berastagi | Admin | 4.5