Sst, Berat Badan Bisa Pengaruhi Kesehatan Mata, Lho!

By On Jumat, April 27th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Bagi para pakar di dunia medis, ternyata berat badan itu memiliki pengaruh pada kesehatan mata, lho!

Braito.co.id – Banyak orang yang mengira bahwa kesehatan mata itu sama sekali tidak dipengaruhi oleh berat badan. Kaum awam mungkin akan mengiyakan pernyataan tersebut. Namun bagi para pakar di dunia medis, ternyata berat badan itu memiliki pengaruh pada kesehatan mata, lho!

Kaitan antara berat badan dan mata bukan pada jenis makanan yang disantap oleh manusia, melainkan gangguan kesehatannya. Orang dengan berat badan berlebih, serta mengonsumsi makanan secara berlebihan akan memiliki kans terkena penyakit diabetes. Nah, diabetes inilah yang bisa mempengaruhi kesehatan mata.

Retinopati Diabetik

Kadar gula yang tinggi dikhawatirkan bisa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, syaraf, dan organ tubuh. Nah, bila kadar gula tersebut terlalu tinggi bisa menyebabkan lensa mata membengkak. Gejala ini disebut sebagai Retinopati Diabetik, membuat pandangan terasa kabur dan tidak fokus karena rusaknya retina.

Menurut Dokter Spesialis Mata Khalilul Rahman dari Rumah Sakit dr. M. Djamil, Padang Sumatera Barat mengatakan, diabetes bisa menyebabkan hilangnya penglihatan atau kebutaan. Walau begitu, penyakit ini sering kali tak disadari pasiennya.

Beberapa hal yang dirasakan oleh penderita diabetes yang mengalami Retinopati Diabetik, antara lain adalah penglihatan kabur dan terlihat bintik-bintik serta kilatan cahaya saat memandang sesuatu. Dianjurkan untuk segera periksa ke dokter spesialis mata ketika merasakan gejala-gejala ini.

Katarak

Diabetes juga bisa memicu pengapuran pada lensa mata. Biasanya penderita diabetes akan mengalami penyakit ini di usia yang lebih muda dan menyebar dengan lebih cepat. Mereka yang mengalami ini akan merasakan gejala mata kering. Kemudian pandangannya seperti tertutup tirai atau selubung sehingga sangat mengganggu dalam beraktivitas.

Glaukoma

Ketika aliran dalam cairan di dalam mata terganggu, terjadilah glaukoma. Peningkatan tekanan ini bisa merusak saraf dan pembuluh darah mata sehingga mengakibatkan gangguan pada mata. Bila dibiarkan hingga ke tahap lanjut, penderita bisa kehilangan penglihatannya.

Menurut Badan Kesehatan Dunia PBB atau WHO, glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua terbesar di seluruh dunia setelah katarak. Sebuah fakta yang tentunya sangat menakutkan bagi penderita diabetes.

Menurut dr. Dedy Kartawidjaja dari Pfizer, meski tidak ada cara untuk menyembuhkan glaukoma, namun kehilangan atau kerusakan pandangan dapat dikontrol atau dicegah.

Yang pertama adalah dengan menggunakan tetes mata secara teratur dan sesuai petunjuk dokter. Kedua, operasi mata dengan menggunakan teknologi laser bila tetes mata tidak meredakan gejala glaukoma. Langkah terakhir adalah dengan pembedahan, atau trabeculectomy sebagai tindakan paling final bila dua langkah di atas dianggap tidak mampu mengatasi glaukoma.

Jangan biarkan diabetes mempengaruhi kesehatan. Lakukan olahraga dan diet secara teratur bila memiliki masalah berat badan. Selain itu, pelihara juga kesehatan mata dengan menjaga kebersihannya. Bila terjadi iritasi mata akibat benda asing atau karena lingkungan sekitar segera berikan obat tetes mata  Original yang berfungsi untuk meredakan mata merah akibat iritasi mata ringan tersebut.

Jaga selalu kesehatan Sahabat Braito agar tubuh terbebas dari diabetes dan masalah-masalah yang mempengaruhi indera penglihatan yang diakibatkannya.

Sst, Berat Badan Bisa Pengaruhi Kesehatan Mata, Lho! | Admin | 4.5