Sering Terjadi Tapi Tidak Disadari Sebagai Penyebab Mata Kering

By On Jumat, April 27th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Pernah merasa tiba-tiba saja mata terasa seperti mengering dan terasa tidak nyaman? Hal ini bukan terjadi karena kemarau yang berkepanjangan, sehingga mengeringkan kandungan air mata. Ternyata mata kering ini ada awal mulanya. Hebatnya, sang penyebab tersebut sering kali tidak disadari oleh penderita.

Beberapa gejala yang mengikuti mata kering, antara lain adalah mata yang terasa gatal, panas, pedih, serta penglihatan jadi kurang jelas. Selain itu mata juga terasa lebih sensitif terhadap cahaya sehingga lumayan mengganggu bila diajak beraktivitas bersama gadget yang memendarkan sinar, seperti smartphone dan komputer. Pada beberapa kasus, penderita akan mengeluhkan nyeri, disertai sensasi seperti kemasukan benda asing atau kelilipan.

Jangan sepelekan masalah ini karena bisa menimbulkan iritasi mata yang berujung pada mata merah. Bagi kaum muda, mata merah selain mengganggu penampilan, juga bikin tidak nyaman untuk melihat apa pun. Untuk itu, ketahui dulu penyebab mata kering yang sering kali tidak disadari.

Lupa Berkedip

Ketahuilah bahwa berkedip itu bermanfaat untuk memberikan dan meratakan semacam pelumas, agar mata tetap basah dan terjaga kelembapannya. Bila terlalu asyik dengan kesibukan, seperti berjam-jam melihat layar komputer, atau terlalu seru mengikuti jalan cerita film di laptop, kelembapan tersebut akan hilang dan akibatnya mata pun jadi terasa kering.

Menurut dr. Steven L. Maskin dari Dry Eye and Cornea Treatment Center Tampa, Florida, dengan berkedip mata akan mengeluarkan air yang berfungsi sebagai pelumas. Cairan tersebut nantinya digunakan untuk melumasi bola mata agar terjaga kelembapannya. Jadi apa pun kegiatan yang dilakukan, jangan lupa untuk berkedip agar terhindar dari mata kering.

Memandang Layar Berpendar Terlalu Lama

Bermain komputer memang menyenangkan. Terutama saat memainkan game kesukaan. Namun saking asyiknya kadang jadi lupa bahwa mata juga butuh istirahat. Mengeksploitasi mata secara berlebihan di depan perangkat yang memendarkan cahaya juga menjadi penyebab mata kering.

Obat-Obatan

Penggunaan obat-obatan ternyata juga bisa bikin mata kering. Beberapa contohnya adalah obat antihistamin, pil KB, obat diuretik, obat penyakit kardiovaskular, obat penghilang rasa sakit dan obat anti-radang. Jadi pastikan untuk mendapatkan informasi yang benar tentang obat dari dokter yang menuliskan resep agar bisa menghindari mata kering.

Faktor Lingkungan

Pernah menemui kejadian ketika para sahabat tiba-tiba kompakan sakit mata? Hal ini biasanya terjadi pada musim kemarau. Debu dan kotoran yang membawa bakteri dan diterbangkan angin sering kali mampir ke mata dan menimbulkan wabah mata kering disertai rasa nyeri. Pastikan bahwa mata sudah terlindung dengan benar ketika meninggalkan rumah.

Tidak ada seorang pun yang ingin penglihatannya terganggu karena mata kering. Agar mata selalu lembap dan terjaga kesehatannya, pastikan Sahabat Braito selalu melengkapi diri dengan obat tetes mata. Ditemani obat tetes mata terbaik, hadapi berbagai hal penyebab mata kering dengan penuh kepercayaan diri.

Sering Terjadi Tapi Tidak Disadari Sebagai Penyebab Mata Kering | Admin | 4.5