Sebelah Mata Sakit, Terapkan Segera Pertolongan Pertama

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Organ mata adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting dalam menjalani kehidupan. Mata adalah jendela dunia. Dengannya, manusia bisa melakukan banyak hal, dari yang sedehana sampai mustahil untuk dilakukan. Selain itu, dengan mata pula Sahabat Braito bisa menikmati indahnya dunia.

Namun, sebagai salah satu bagian dari tubuh, mata pun juga bisa terganggu kesehatannya. Apalagi kalau yang diserang adalah bagian sebelah mata. Tak hanya rasa nyeri saja yang dirasakan, terganggunya kesehatan juga membuat fokus menurun. Bayangkan, bagaimana bila sebelah mata sakit timbul ketika sedang dalam perjalanan? Pasti bakal sangat merepotkan, bukan?

Blepharitis

Blepharitis disebabkan oleh alergi yang menimbulkan alergi pada mata dan membuat kelenjar minyak pada kelopak mata naik. Pada akhirnya muncullah pembengkakan pada kelopak mata yang membuat sebelah mata sakit.

Untuk pertolongan pertamanya, coba kompres mata yang bengkak dengan air hangat. Cara ini akan mengurangi reaksi alergi, sekaligus mengeluarkan kelenjar minyak yang berlebihan pada mata, sekaligus mengurangi pembengkakan.

Konjungtivitis

Konjungtivitis terjadi karena adanya infeksi pada mata dan menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata sebelah. Untuk meredam konjungtivitis, kompres dingin secara rutin akan membantu mata agar tidak terasa gatal serta jadi lebih nyaman.

Sengatan Matahari

Sakit pada sebelah mata juga bisa disebabkan oleh sengatan matahari yang terlalu terik dan lama mengenai organ mata, apalagi kalau tanpa ada perlindungan berlapis, yaitu kacamata hitam. Bila mata bengkak dan terasa ngilu akibat berjemur matahari, coba sembuhkan dengan irisan mentimun atau kompres dingin selama kurang lebih 10 menit.

Bintitan

Walaupun yang diserang adalah bagian kelopak, tapi mata juga mengalami rasa sakit yang luar biasa. Mitosnya, bintitan terjadi karena Sahabat Braito suka mengintip orang yang sedang mandi. Nah!

Terlepas dari apa pun penyebab bintitan, berikan pertolongan pertama dengan kompres hangat pada bagian mata yang sakit. Ada pula cara yang lebih ekstrem, yaitu mencabut bulu mata yang mengalami pembengkakan agar nanah bisa keluar dari lubang tersebut. Setelah itu, kompres dengan air hangat.

Kelilipan

Kelilipan adalah ketika bagian mata terinfeksi debu atau serangga yang masuk secara tak sengaja. Biasanya hal ini terjadi di ruang terbuka. Saat sedang berkendara motor tanpa menutup kaca helm, atau sedang berpetualang di daerah berpasir. Biasanya gangguan ini diikuti dengan mata perih sebagai reaksi tubuh ketika mata terganggu oleh benda asing.

Sebagai pertolongan pertamanya, segera gunakan 1-2 tetes Braito Original pada mata yang terinfeksi. Cairan Braito Original yang mengandung Tetrahydrozoline Hydrochloride akan membantu meredakan akibat iritasi, seperti mata merah dan mata berair. Aplikasikan 2-3 kali sehari, khusus bila rasa tidak nyaman pada mata masih terasa.

Dengan memberikan pertolongan pertama, diharapkan gangguan mata tak sampai meluas karena sudah ditangani terlebih dahulu. Namun bila sakit mata terus berlanjut, segera hubungi dokter mata untuk mendapatkan penangan yang lebih tepat.

Sebelah Mata Sakit, Terapkan Segera Pertolongan Pertama | Admin | 4.5