Penyebab Sakit Tulang Belakang dan Tips Mengatasinya

By On Kamis, Oktober 11th, 2018 Categories : Kesehatan Tulang

Sakit tulang belakang menjadi salah satu momok bagi setiap orang, penyakit ini memang dapat menyerang siapa saja. Seiring dengan bertambahnya usia, maka akan semakin banyak pula masalah kesehatan yang mulai muncul. Salah satu masalah kesehatan yaitu sakit yang menyerang tulang belakang. Penyakit yang satu ini sangat menyakitkan dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebenarnya ada cara untuk mencegah sakit pada tulang belakang, di mana Anda dapat mengatur posisi duduk yang tepat. Selain itu Anda juga perlu melakukan peregangan minimal 30 menit sekali untuk Anda yang bekerja dengan selalu duduk.

Sakit Tulang Belakang - Penyebab Sakit Tulang Belakang dan Tips Mengatasinya

Faktor Penyebab Sakit Tulang Belakang

Tentunya ada beberapa faktor penyebab sakit pada tulang belakang, salah satunya yaitu terlalu sering menggunakan high heels. Tidak heran jika kaum wanita memiliki risiko jauh lebih besar, bahkan ketika usianya masih muda. Kebiasaan mengenakan high heels sangat berisiko mengalami sakit tulang belakang. Walaupun sepatu dengan hak tinggi mampu membuat wanita tampil lebih cantik, sayangnya hal tersebut kurang baik untuk kesehatan. Terutama jika Anda terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi, maka sangat wajar jika Anda mengalami sakit tulang belakang.

Selain karena menggunakan sepatu hak tinggi, berikut ini adalah faktor lain penyebab sakit pada tulang belakang. Antara lain yaitu:

1. Kasur yang terlalu empuk

Penyebab lain sakit tulang belakang yaitu karena menggunakan kasur yang tidak tepat atau terlalu empuk. Sebaiknya Anda memilih kasur yang mampu menopang tubuh Anda dengan baik dan proporsional. Dengan begitu, tidur Anda tidak akan menyebabkan nyeri atau sakit tulang belakang. Jika kasur Anda terlalu empuk, maka tulang belakang Anda tidak dapat beristirahat dengan baik.

2. Posisi di depan komputer

Komputer menjadi salah satu bagian dari kehidupan manusia yang sulit terlepaskan. Baik untuk bekerja, belajar dan bahkan bermain, komputer merupakan peralatan yang sering digunakan. Jika Anda duduk di depan komputer dengan posisi yang kurang tepat, maka hal tersebut dapat menyebabkan sakit tulang belakang. Posisi yang tepat yaitu bahu dan posisi kaki sejajar, usahakan agar tangan juga tidak bengkok. Untuk mencegah sakit pada tulang belakang, sebaiknya untuk melakukan peregangan paling tidak 30 menit sekali.

3. Melakukan kebiasaan buruk

Salah satu faktor penyebab sakit tulang belakang lainnya yaitu karena melakukan kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk tersebut yaitu sering memutar pinggang akibat otot yang tegang. Jika kebiasaan buruk tersebut dilakukan terlalu sering, maka sangat berisiko mengalami sakit tulang belakang pinggang. Pasalnya, kebiasaan tersebut membuat permukaan sendi menjadi terkelupas dan juga rusak.

Dari uraian mengenai faktor penyebab sakit tulang belakang tersebut, tentunya Anda sudah tahu bagaimana cara pencegahannya. Diantaranya yaitu menghindari penggunaan sepatu hak tinggi sebisa mungkin. Selain itu Anda juga harus tidur dengan posisi yang lebih baik dan menggunakan kasur yang tepat. Untuk Anda yang sering duduk di depan komputer, mulailah membiasakan diri Anda duduk dengan posisi yang tepat. Dengan begitu risiko sakit tulang belakang bawah dapat berkurang, bahkan untuk Anda yang berusia lanjut.

Jika Anda sudah menghindari hal-hal yang menjadi faktor penyebabnya dan masih mengalami sakit pada tulang belakang, lakukan pengobatan. Anda dapat membeli obat pereda sakit tulang belakang di apotek terdekat. Namun jauh lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika sakit tulang belakang yang Anda rasakan sudah tidak tertahankan. Beberapa orang memang membutuhkan dosis yang lebih untuk mengobati sakit pada tulang belakang. Untuk itu diperlukannya resep dari dokter agar obat yang dikonsumsi lebih aman. Jika tulang belakang sering sakit, segera lakukan pengobatan agar dapat segera sembuh.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengubah posisi tidur, mengubah posisi duduk dan hindari kebiasaan buruk seperti memutar pinggang. Namun jika hal tersebut tidak membuat sakit tulang belakang reda, belilah obat di apotek terdekat. Agar lebih aman, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk pembelian obat. Selain itu, Anda dapat menemui terapi fisik untuk membantu mengurangi rasa sakit tulang belakang. Anda akan diberikan latihan khusus untuk menguatkan otot-otot yang mendukung punggung Anda. Atau Anda juga dapat melakukan terapi pijat untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

Salah satu hal yang cukup penting Anda ingat yaitu untuk tidak memberikan istirahat pada punggung Anda yang nyeri. Tidak jarang orang yang istirahat dengan berbaring di tempat tidur ketika merasakan sakit pada tulang belakang. Jika posisi tidur Anda tidak tepat maka sakit yang Anda rasakan dapat bertambah parah. Tidak ada salahnya jika Anda terus bergerak dan beraktivitas, namun dilakukan dengan berhati-hati. Selain itu dukung pula dengan melakukan olahraga yang dapat membantu mengatasi sakit tersebut. Olahraga yang disarankan untuk sakit tulang belakang yaitu berjalan, berenang dan yoga.

Penyebab Sakit Tulang Belakang dan Tips Mengatasinya | Admin | 4.5