Penyebab Mata Berair dan 5 Cara Mengatasinya

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Mata berair memang bikin keki. Konsentrasi dengan pekerjaan jadi buyar dan terganggu akibat mata yang terus-terusan memroduksi air mata, seakan tanpa henti. Belum lagi tatapan orang-orang di sekitar yang melihat mata Sahabat Braito membengkak dan mengeluarkan air, dikira baru putus dengan pacar atau cintanya tidak kesampaian.

Menurut dr Agustina Siburian, SpM, ahli mata dari Rumah Sakit Elisabeth, Medan, Sumatera Utara, mata berair bisa menyerang siapa saja dan dapat terjadi pada satu mata saja atau keduanya. Mata seakan tidak pernah capek untuk menghasilkan lebih banyak air mata, yang kemungkinan terjadi akibat beberapa hal, misal infeksi dari lingkungan, seperti debu, asap kendaraan bermotor, bahan-bahan kimia seperti asap rokok, atau gara-gara alergi.

Selain itu, penderita akan mengalami pandangan yang kabur karena air yang terlalu membasahi kornea, iritasi pada kelopak mata, kemerahan, dan biasanya ada rasa gatal yang menyertainya. Selain itu, mata berair sangat rentan menyerang bayi dan kalangan usia lanjut yang sudah berumur lebih dari 60 tahun.

Tak perlu panik ketika mata terlalu berlebihan memproduksi cairan. Sahabat Braito bisa melakukan langkah pencegahan dini untuk menghentikan aliran air mata yang deras menetes di pipi.

Kompres Handuk

Cara pertama adalah mencoba mengompres mata dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat. Lakukan selama beberapa kali dalam sehari. Hal ini dipercaya bisa mengatasi gangguan pada saluran air mata sehingga bisa berfungsi lagi dengan normal.

Pijatan

Sahabat Braito juga bisa mencoba melakukan pijatan pada saluran air mata. Pertama, pastikan jari yang akan digunakan untuk memijat bersih. Lakukan pijatan dengan jari telunjuk secara lembut dari ekor mata menuju ke bagian mata yang dekat dengan hidung. Lakukan pijatan ini beberapa kali dalam sehari secara rutin.

Obat Tetes Mata

Untuk pencegahan mata berair secara instan, gunakan obat tetes mata Braito Original. Dengan formula Tetrahydrozoline Hydrochloride, Braito Original dapat membantu meredakan iritasi mata yang diakibatkan masuknya benda-benda asing ke dalam mata, hingga tak jarang menyebabkan mata berair. Teteskan 1-2 tetes Braito Original pada bagian mata yang terkena iritasi saja. Aplikasikan sebanyak 2-3 kali sehari. Jika tidak ada perubahan kondisi hingga 3 hari, segera periksakan ke dokter untuk pengecekan lebih lanjut.

Obat Antihistamin & Antibiotik

Mata berair bisa jadi karena alergi terhadap serbuk sari, bulu-bulu binatang, atau benda-benda lainnya yang menimbulkan reaksi alergen pada tubuh. Untuk menghentikannya, konsumsi obat antihistamin. Bila mata berair disebabkan oleh terjadinya infeksi mata, dokter akan menyarankan obat antibiotik pada resepnya. Jangan lupa untuk menghabiskan antibiotik, meski mata sudah terlihat sembuh. Hal ini dilakukan untuk benar-benar membunuh bakteri atau kuman yang menyebabkan infeksi tersebut.

Tindakan Medis

Mata berair bisa terjadi karena ada bulu mata yang tumbuh tidak wajar, atau masuk ke dalam. Untuk hal ini, dokter akan melakukan tindakan medis minor. Namun mata berair bisa berubah menjadi parah bila saluran air mata tersumbat. Untuk mengatasi hal ini, dokter akan merekomendasikan operasi.

Itulah penyebab-penyebab mata berair berikut dengan cara mengatasinya. Tak perlu panik saat mata terus-terusan mengucurkan air mata. Dengan pencegahan yang benar, mata berair bisa diatasi dengan cepat dan tuntas.

Penyebab Mata Berair dan 5 Cara Mengatasinya | Admin | 4.5