Penyebab Mata berair dan 5 Cara Mengatasinya Secara Tepat

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Mata berair? Pasti sudah sering terjadi. Apalagi untuk para penggemar opera sabun Turki dan India yang kini membanjiri televisi-televisi swasta Indonesia. Ketika kesedihan sedang mencapai puncaknya, tak terasa air mata pun meleleh di pipi, mengikuti drama yang terjadi di dalam layar televisi tersebut.Penyebab Mata berair dan 5 Cara Mengatasinya Secara Tepat - Penyebab Mata berair dan 5 Cara Mengatasinya Secara Tepat

Tapi topik hari ini bukan membahas tentang mata yang basah dengan air mata karena sinetron. Kali ini Sahabat Braito akan diajak untuk mengetahui penyebab mata berair. Mata memang memiliki cairan yang berfungsi untuk menjaga kelembapan sekaligus membersihkan ketika ada benda asing yang masuk ke dalam indera penglihatan.

Saat masalah ini menjadi lebih berat, penderita pun makin terganggu. Bayangkan, bagaimana rasanya berduaan dengan si dia ketika sedang mengalami masalah mata berair. Saat ia melemparkan humor, Sahabat Braito menolehnya dengan berurai air mata. Pasti si dia pusing tujuh keliling.

Menurut Steven Loomis, OD, petinggi American Optometric Association, salah satu alasan kenapa mata berair adalah terjadinya sindrom mata kering. Ketika gejala mata kering terjadi, kelenjar air mata pun bekerja lebih keras untuk mengeluarkan cairan. Selain itu, mata berair juga bisa disebabkan oleh adanya masalah pada sistem sekresi air mata yang mengalami sumbatan.

Penyebab mata berair lainnya bisa diakibatkan masuknya debu, kotoran, atau benda berbahaya lain yang mengenai lapisan luar mata. Adapun gejala yang menyertai mata berair, antara lain, iritasi mata yang ditandai dengan munculnya mata merah dan rasa gatal. Jika sudah begitu, Sahabat Braito perlu menerapkan beberapa cara mengatasi mata berair sebagai berikut.

Memanfaatkan Air Mawar

Beberapa bahan dari alam dipercaya bisa mengatasi mata berair, seperti air mawar. Air mawar dipercaya memiliki efek mendinginkan sekaligus merelaksasi mata. Untuk penggunaannya, bilas mata dengan air mawar dan lakukan dua kali sehari.

Menggunakan Susu

Punya susu murni di dalam kulkas? Gunakan untuk mengatasi masalah mata berair dan terasa gatal. Caranya dengan mempersiapkan kapas yang dibasahi dengan susu. Gunakan kapas sebagai kompres yang akan memberikan efek mendinginkan mata dengan cepat. Lakukan dua kali sehari pada pagi dan malam.

Memakai Garam

Benda yang memberikan kenikmatan dalam setiap masakan ini juga bisa menjadi obat mata berair. Garam dilarutkan ke dalam air secukupnya, yang kemudian digunakan untuk membilas mata. Garam memiliki zat anti-bakteri sehingga cocok digunakan untuk melawan mikroorganisme penyebab mata berair. Selain itu, garam juga akan meredakan bengkak di mata, sekaligus membersihkannya dari lendi yang menempel.

Gunakan Obat Tetes Mata

Guna meredakan mata berair dengan intensitas ringan, terutama akibat terinfeksi kuman, virus, atau bakteri yang menempel bersama debu, manfaatkanlah obat tetes mata terbaik. Sahabat Braito dapat memilih Braito Original. Dengan formula Tetrahydrozoline Hydrochloride, obat tetes mata efektif meredakan iriasi ringan. Gunakan 1-2 tetes pada bagian mata yang terkena iritasi. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari hingga masalah iritasi mata yang disebabkan mata berair dapat berangsur normal.

Periksakan Ke Dokter

Ada banyak penyebab mata berair, dari yang ringan hingga berat. Bila dirasa sangat mengganggu, segera temui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Bisa jadi, infeksi terjadi akibat adanya sumbatan pada kelenjar air mata. Kalau hal ini terjadi, dokter akan melakukan pembedahan untuk membuka sumbatan sehingga masalah mata berair bisa diobati.

Jadi tak perlu khawatir ketika mengalami masalah mata berair karena selalu ada obat untuk masalah ini. Yang penting, begitu sakit ini mulai terasa, segera lakukan langkah pencegahan agar bisa segera disembuhkan. Hasilnya, Sahabat Braito pun bebas dari gangguan penglihatan.

Penyebab Mata berair dan 5 Cara Mengatasinya Secara Tepat | Admin | 4.5