Pengertian Mata Merah, Sahabat Braito Perlu Mencatatnya

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Kalau kado berbentuk cinta, dikemas dalam warna merah pasti bikin pasangan bahagia. Tapi bila yang merah adalah mata, si dia pun jadi gundah gulana. Mungkin saja takut tertular.Pengertian Mata Merah Sahabat Braito Perlu Mencatatnya - Pengertian Mata Merah, Sahabat Braito Perlu Mencatatnya

Bicara tentang mata merah, gejala ini bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Meski begitu, tidak banyak orang tahu apa sebenarnya yang terjadi ketika indera penglihatan berubah warna menjadi merah.

Menurut dr. Florence Meilani Manurung, Sp. M., dokter mata pediatrik dan strabismus di Jakarta Eye Center, ada empat penyebab mata merah, yaitu:

  • Keratitis (peradangan pada kornea mata) – Penyakit ini tergolong berisiko tinggi karena dapat menimbulkan kebutaan. Penyebabnya adalah infeksi kuman pada lapisan ulcer kornea, yang biasanya terjadi pada mereka yang tidak menjaga kebersihan lensa kontak, atau tidur tanpa melepaskannya terlebih dahulu.
  • Uveitis – Uveitis atau peradangan pada iris juga berbahaya karena bisa menimbulkan hilangnya kemampuan melihat mata.
  • Glaukoma akut, terjadi ketika ada peningkatan tekanan dalam mata secara mendadak sehingga menyebabkan mata merah, disertai dengan sakit pada mata yang luar biasa. Glaukoma akut juga berpotensi menimbulkan kebutaan.
  • Konjungtivitis (peradangan pada konjungtiva – selaput bening yang menutupi permukaan mata yang berwarna putih dan area yang berada di bawah kelopak mata). Penyakit ini tidak berbahaya namun dapat menular.

Tiga penyebab mata merah di atas, yaitu Keratitis, Uveitis, dan Glaukoma akut harus segera mendapatkan perhatian dari dokter mata untuk proses penyembuhannya. Tapi untuk konjungtivitis bisa diatasi sendiri karena penyebabnya tak begitu berisiko dengan kesehatan mata.

Beberapa penyebab konjungtivitis adalah sebagai berikut:

Debu

Mata yang kemasukan debu bisa mengakibatkan peradangan dan menimbulkan gejala mata merah.

Udara Panas dan Kering

Coba amati mata ketika sedang mengendarai motor di jalan dan terjebak kemacetan di siang hari. Kemungkinan besar mata akan berwarna kemerahan akibat udara panas dan kering.

Paparan Sinar Matahari

Di siang hari, atau ketika berada di tempat yang memiliki banyak cahaya matahari, disarankan untuk mengenakan kacamata hitam. Paparan sinar tersebut ternyata juga bisa menciderai mata dan membuatnya jadi memerah.

Alergi

Alergi biasanya juga disertai dengan mata merah dan berair. Ini adalah reaksi tubuh yang wajar terjadi ketika ada allergen yang datang mendekati tubuh Sahabat Braito.

Virus

Virus merupakan salah satu penyebab mata merah. Biasanya, ketika mata gatal, secara tidak sengaja seseorang akan menggosokkan tangannya yang kotor ke mata. Padahal di sana berkembang biak virus dan bakteri. Bila menempel ke mata, virus akan membuat sakit mata menjadi lebih parah.

Untuk meredakan iritasi mata ringan yang menyebabkan mata merah, berikut adalah langkah-langkah pertolongan pertama yang bisa Sahabat Braito lakukan.

Pakai Tetes Mata

Untuk mata merah akibat iritasi mata ringan, gunakan Braito Original. Gunakan 1-2 tetes Braito Original pada mata yang memerah untuk mengembalikan kesegaran dan kejernihan mata. Berikan dosis 2-3 kali sehari. Namun bila hingga hari ketiga gejala mata merah masih saja mengganggu, segera hubungi dokter mata terdekat.

Kompres Air

Untuk mata merah akibat kurang tidur, berikan rasa rileks pada otot-otot mata dengan mengompresnya menggunakan air dingin. Namun untuk melawan mata merah yang disebabkan oleh virus, sebaiknya gunakan kompres air hangat.

Pakai Bawang Putih

Pengobatan mata merah pun juga bisa dilakukan secara tradisional. Berdasarkan resep turun temurun, bawang putih ternyata bisa mengatasi iritasi mata. Caranya adalah mencuci wajah dan daerah sekitar mata hingga bersih, kemudian keringkan dengan handuk. Gunakan satu siung bawang putih yang sudah dipotong sisi ujungnya sedikit. Kemudian gosokkan potongan tersebut sejajar akar bulu mata pada kelopak mata di bagian bawah saja. Setelah itu biasanya akan muncul sensasi geli, perih, dan kadang gatal. Biarkan reaksi tersebut berangsur-angsur menghilang dengan sendirinya. Kemudian cuci bersih sisa bawang putih. Pengobatan ini dilakukan sebelum tidur.

Dengan memahami mata merah, diharapkan Sahabat Braito semakin sayang kepada indera penglihatan. Jagalah kesehatan mata sebaik mungkin karena mata adalah pemberian besar dari Tuhan kepada manusia.

Pengertian Mata Merah, Sahabat Braito Perlu Mencatatnya | Admin | 4.5