Pengertian Mata Kedutan, Ketahui Sisi Ilmiahnya

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Budi bergegas mengaktifkan smartphone canggih dan terbaru miliknya untuk membuka aplikasi browser. Setelah itu dia pun melakuan pencarian di internet dengan kata kunci “ARTI KEDUTAN.”

Kedutan, atau dalam istilah medis disebut blefaropasme memang sangat bikin orang Indonesia penasaran. Kehadirannya kerap kali dikaitkan dengan mitos bahwa akan ada sesuatu yang terjadi di masa mendatang. Bahkan untuk orang se-modern Budi, yang sudah memegang smartphone paling canggih. Wajahnya akan berubah cerita ketika primbon online menjelaskan bahwa bakal terjadi hal baik padanya. Sebaliknya, Budi akan cemberut dan pucat saat tahu bahwa kedutan tersebut mengartikan kesialan.

Sahabat Braito boleh percaya, boleh juga tidak. Tapi bagi masyarakat modern, kedutan sebenarnya adalah tanda dari tubuh yang mengatakan bahwa ada sesuatu yang kurang baik di dalam badan.

Ingin tahu apa kata para dokter mengenai penyebab kedutan pada mata?

Kebanyakan Pikiran

Hayo, siapa yang tidak bisa move-on gara-gara ditinggal nikah sama mantannya? Atau menjadi pendiam sejak disemprot sama bos di kantor? Kedutan bisa berarti bahwa Sahabat Braito sedang banyak pikiran dan ada kecenderungan untuk stres. Syaraf dan otot di mata juga ikut-ikutan tegang sehingga berkontraksi dan menimbulkan kedutan.

Terlalu Capek

Kedutan juga bisa berarti bahwa pola tidur tidak teratur. Manusia membutuhkan waktu istirahat antara tujuh hingga delapan jam di malam hari. Kurang dari itu akan membuat wajah kuyu dan mudah sakit karena tubuh yang terus dipaksa untuk bekerja tanpa istirahat yang cukup.

Mata Lelah

Bila sekarang sedang menatap layar komputer dan mengalami kedutan, ketahuilah bahwa mata sudah terlalu lama melihat pendaran sinar dari monitor. Saatnya untuk beristirahat sejenak, mengistirahatkan mata, raga, serta jiwa selama beberapa menit agar kembali segar dan bersemangat.

Pola Hidup yang Tidak Sehat

Konsumsi alcohol atau kafein secara berlebihan juga bisa menyebabkan mata kedutan. Ini karena adanya peningkatan tekanan pada pembuluh darah. Wah, mulai kurangi kebiasaan ini dan perbanyak minum air putih saja.

Nutrisi yang Tidak Seimbang

Kekurangan magnesium juga diduga bisa mengakibatkan kejang-kejang pada kelopak mata. Coba periksa diet Sahabat Braito, apakah sudah sesuai dengan gaya hidup sehat atau terlalu banyak makan makanan instan?

Alergi

Kedutan juga bisa datang ketika mata mengalami alergi. Saat kondisi ini terjadi, penglihatan terasa gatal, bengkak, dan berair. Ketika mata digosok dengan tangan, keluarlah histamin sehingga memicu produksi air mata. Histamin inilah yang menyebabkan kelopak mata bergerak-gerak.

Jadi, tak selamanya kedutan itu adalah pertanda bahwa akan terjadi sesuatu di masa mendatang. Sebagai bangsa Timur, boleh-boleh saja mempercayai mitos, tapi yang paling penting adalah waspada karena kedutan berarti ada yang tidak seimbang di dalam tubuh Sahabat Braito.

Pengertian Mata Kedutan, Ketahui Sisi Ilmiahnya | Admin | 4.5