Musim Mudik Lebaran Tiba, Waspada Terpaan Debu Jalanan Pada Mata

By On Senin, April 30th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Sudah merencanakan untuk mudik lebaran di bulan Ramadan 2016 ini? Buat yang ingin menikmati tradisi mudik lewat jalur darat, bersiaplah untuk sajian atraksi unik yang selalu terjadi setiap tahun, yaitu kemacetan. Ya, macet dan lebaran adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini terjadi karena padatnya arus mudik yang meninggalkan perkotaan menuju kampung halaman.Musim Mudik Lebaran Tiba Waspada Terpaan Debu Jalanan Pada Mata - Musim Mudik Lebaran Tiba, Waspada Terpaan Debu Jalanan Pada Mata

Diperkirakan pusat terjadinya kemacetan pada mudik lebaran 2016 ini adalah di daerah Jawa Tengah. Hal ini karena para pendatang bukan hanya dari pemudik yang kampung halamannya di sentral Pulau Jawa tersebut, tapi juga wisatawan yang memanfaatkan momen mudik lebaran untuk mampir terlebih dahulu ke tempat-tempat wisata sebelum melanjutkan perjalanan menuju tempat tinggalnya.

Bagi yang akan melewati Solo, menurut keterangan dari Dishubkominfo setempat, bakal ada 10 titik rawan macet selama arus Lebaran 2016 yang mayoritas terjadi di daerah-daerah pusat perbelanjaan.

“Penyumbang kemacetan tidak hanya berasal dari pemudik luar daerah, melainkan warga Solo yang memadati kawasan perbelanjaan,” ujar Kepala Dishubkominfo Solo Yosca Herman Soedrajat.

Meski mudik menyenangkan, ketika terjebak macet, seperti di Kota Solo, berbagai gangguan pun bakal terjadi. Mulai dari panas yang menyengat, mobil-mobil yang berdempetan dan seakan siap untuk senggol-senggolan, sampai asap knalpot dan debu dari kendaraan yang ada di sekitar. Tanpa disadari, tiba-tiba indera penglihatan terasa nyeri-nyeri sedap akibat iritasi mata.

Menurut dr. Raman R. Saman, ahli mata di Laser Sight Centres Indonesia, Jakarta, iritasi mata terjadi bila indera penglihatan mengalami rangsangan, baik dari dalam maupun luar tubuh. Rangsangan tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk debu dan polusi asap ketika terjebak macet. Ketika mata berubah warna menjadi merah, itu adalah reaksi terhadap rangsangan, berupa pembuluh darah yang melebar.

Supaya mata terasa nyaman sepanjang perjalanan mudik Lebaran nanti, selalu siapkan obat tetes mata yang ampuh melindungi penglihatan dari iritasi mata yang disebabkan oleh asap dan debu yang beterbangan di tengah-tengah kemacetan. Gunakan Braito Original pada mata yang terasa pedih. Cukup 1-2 tetes selama 2-3 kali dalam sehari, rasakan kesegaran yang dibawa Braito Original untuk mengembalikan kesehatan mata.

Letakkan Braito Original di tempat yang mudah terjangkau karena Sahabat Braito tidak akan tahu kapan gangguan mata akibat asap kendaraan dan debu menyergap saat sedang menikmati kemacetan mudik Lebaran. Mata jadi segar, konsentrasi dan fokus mengemudi pun jadi lebih tajam.

Musim Mudik Lebaran Tiba, Waspada Terpaan Debu Jalanan Pada Mata | Admin | 4.5