Mengapa Tidak Boleh Mengucek Mata Saat Gatal?

By On Jumat, April 27th, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Mengucek Mata Saat Gatal - Mengapa Tidak Boleh Mengucek Mata Saat Gatal?

Braito.co.id – Mengucek mata saat gatal itu rasanya seperti di surga. Perpaduan antara rasa gatal, pedih, namun juga disertai kelegaan seakan menjadi sensasi tersendiri yang bikin seseorang seakan tidak bisa berhenti saat melakukannya. Padahal sebetulnya aktivitas ini tidak diperbolehkan oleh para ahli mata.

Sensasi “menyenangkan” saat mengucek mata gatal itu ternyata bisa menimbulkan efek langsung mau pun jangka panjang. Menurut Susan Resnick, OD, mengucek mata saat gatal malah semakin memperburuk keadaan dengan mata merah dan rasa yang semakin gatal, Sahabat Braito.

“Mengucek mata malah dapat memperburuk alergi dengan merangsang sel-sel yang melepaskan histamin, yang pada gilirannya malah menyebabkan kemerahan dan rasa gatal,” jelas optometris yang bermukim di New York tersebut.

Selain itu, tangan adalah anggota tubuh yang diandalkan dalam melakukan berbagai aktivitas. Karena itu, tangan merupakan tempat berkembang biaknya bakteri dan menempelnya kotoran. Mengucek mata bisa-bisa malah membuat bakteri dan virus yang ada di tangan berpindah ke mata. Hal ini menjadi penyebab awal terjadinya infeksi dan iritasi mata.

Lebih parahnya lagi, menurut Resnick, mengucek mata gatal juga meningkatkan kemungkinan terjadinya astigatmatisme, atau perubahan kornea. Sesuatu yang pastinya tidak diinginkan oleh siapa pun. Selain pandangan yang kabur dan fokus pada satu titik saja, astigatmatisme akan menimbulkan beragam keluhan, seperti sakit kepala, kelelahan pada mata, serta kurangnya daya penglihatan.

Ketika mata gatal mulai menyerang, segera hindarkan kucekan pada mata. Bila perlu, masukkan kedua telapak tangan ke dalam saku celana agar tidak bisa lagi menjangkau indera penglihatan. Langkah kedua, berikan obat tetes mata terbaik yang cepat dan efektif dalam mengobati mata lelah dan kering, serta iritasi mata yang menyebabkan mata gatal.

Bila mata iritasi karena alergi, pakai obat tetes mata sebagai cara mencegah mata merah. obat tetes mata bersifat antihistamin yang akan mengurangi gatal serta menjernihkan kembali pandangan.

Jangan pertaruhkan indera penglihatan yang sehat menjadi sakit dengan menguceknya setiap kali terasa gatal. Sediakan selalu tetes mata dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau oleh tangan. Bila gangguan pada mata mulai terasa, segera gunakan tetes mata untuk mengatasinya.

Mengapa Tidak Boleh Mengucek Mata Saat Gatal? | Admin | 4.5