Memahami Beda Mata Merah dengan Pendarahan pada Mata

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Sahabat Braito, mata adalah jendela dunia. Dengan mata, manusia tidak hanya bisa menikmati indahnya Bumi, tapi juga melakukan banyak hal untuk menikmatinya, termasuk menjaga kelestariannya. Namun ada kalanya kekhawatiran timbul ketika sakit mata tiba-tiba saja hadir tanpa memberi pesan. Salah satunya adalah gangguan mata merah dan pendarahan pada mata.

Lho, mata merah dan pendarahan mata itu beda? Benar, Sahabat Braito. Bila selama ini menganggap bahwa mata merah adalah salah satu akibat pendarahan pada mata, sebaiknya buang pemikiran tersebut. Kedua hal ini ternyata sangat berbeda antara satu dengan lainnya. Supaya lebih paham tentang beda mata merah dengan pendarahan pada mata, yuk, baca artikel di bawah ini.

Mata Merah

Menurut dr. Florence Meilani Manurung, Sp.M., dokter mata pediatrik dan strabismus di Jakarta Eye Center, mata merah adalah pertanda bahwa ada hal yang tidak beres pada indera penglihatan. Penyebabnya ada peradangan pada bagian-bagian mata. Untuk peradangan pada konjungtivita disebut konjungtivitis, peradangan di kornea mata adalah keratitis, peradangan di bagian iris (uveitis), serta peningkatan tekanan dalam mata secara mendadak, yang disebut sebagai glaukoma.

Masing-masing gangguan mata di atas memiliki risiko sendiri-sendiri. Mulai dari iritasi mata ringan, seperti konjungtivitis, hingga yang bisa menyebabkan kebutaan akibat uveitis atau glaukoma. Ada beberapa penyebab terjadinya mata merah. Virus merupakan penyebar sakit mata yang biasanya mampir ke mata karena gosokan tangan ke area sekitar indera penglihatan. Penyebab lainnya adalah bakteri, jamur Chlamydia, alergi, hingga akibat masuknya bahan mengandung kimia ke mata.

Cara mencegah mata merah akibat iritasi ringan adalah dengan memberikan obat sakit mata. Salah satu obat tetes mata terbaik untuk meredakan sakit mata akibat iritasi yang bisa dipilih adalah Braito Original. Dengan formula Tetrahydrozoline Hydrochloride, 1-2 tetes Braito Original akan meredakan dan menyegarkan mata yang memerah akibat debu, asap rokok, asap kendaraan, berenang, mengendarai sepeda motor, alergi, membaca, menonton televisi atau komputer, dan akibat lensa kontak.

Aplikasikan sebanyak 2-3 kali sehari agar mata segera terbebas dari iritasi dan kembali segar. Namun bila sakit mata terus berlanjut, segera periksakan ke dokter mata untuk mendapat perawatan yang lebih tepat.

Pendarahan Mata

Beda mata merah, beda pula dengan pendarahan mata. Kemalangan ini bisa dipicu gara-gara adanya benda keras yang menghantam bagian mata akibat pukulan atau kecelakaan. Pendarahan biasanya terjadi pada area retina yang memiliki banyak pembuluh darah. Karena cedera tersebut, pembuluh darah pecah dan menyebabkan darah memenuhi area mata. Bagian putih mata dipenuhi dengan warna merah yang sangat pekat. Beda dengan mata merah, yang warnanya lebih terang (pink).

Kalau mata merah bisa disembuhkan dengan obat mata, pendarahan mata harus segera diobati secepatnya oleh ahli mata karena cedera terkecil pun bisa membuat seseorang kehilangan penglihatannya.

Penyebab-penyebab lainnya yang bisa menyebabkan pendarahan mata adalah tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah karena batuk, bersin, atau muntah. Mengangkat beban terlalu berat juga bisa menyebabkan mata berdarah. Selain itu, pendarahan mata juga bisa sebagai akibat dari komplikasi penyakit lainnya, seperti hipertensi dan diabetes.

Apa pun penyebab gangguan kesehatan mata, baik itu mata merah akibat iritasi ringan, atau pendarahan pada mata, jangan dianggap remeh, Sahabat Braito. Segera berikan pengobatan tanpa menunda-nunda terlebih dahulu. Sebab kalau mata sudah rusak, tidak ada lagi gantinya.

Memahami Beda Mata Merah dengan Pendarahan pada Mata | Admin | 4.5