30 Mei 2016

Ups, Mata Kemasukan Serangga, Begini Cara Menanganinya

Bukan dikucek, namun mata yang kemasukan serangga perlu segera diatasi dengan cara ini.

Braito.co.id - Mata sudah seharusnya terlindungi dari benda-benda asing. Namun meski dilengkapi dengan bulu mata, yang menjadi gerbang terdepan dan memerintah kelopak mata menutup saat bersentuhan dengan benda asing, kelilipan masih sering menimpa banyak orang.

Salah satu yang paling bikin sebal adalah ketika mata kemasukan serangga. Biasanya hal ini terjadi saat berkendara motor di malam hari tanpa menutup kaca helm. Pengendara yang seperti ini biasanya punya kans besar kelilipan serangga bersayap yang terbang di depan para pengendara motor.

Bila kejadian ini menimpa Sahabat Braito, langkah pertama adalah menahan diri untuk tidak mengucek bola mata. Mengucek mata yang kelilipan serangga akan membuat posisinya semakin masuk ke dalam. Selain itu, gerakan serangga yang dikucek juga rentan merusak bagian terluar bola mata dan menyebabkan infeksi.

Ketika mata kemasukan serangga, tubuh secara otomatis akan memerintahkan kelopak mata untuk berkedip-kedip. Aktivitas ini bertujuan untuk memperbanyak produksi air mata agar menjebak serangga supaya mati dan keluar bersama dengan air mata tersebut. Membersihkan serangga juga bisa dilakukan dengan kapas bersih. Oleskan pada bagian sudut mata karena di tempat inilah serangga yang mati akan dibawa oleh air mata.

Namun, apabila serangga tetap membandel dan tidak mau keluar, gunakanlah tetes mata Braito Original, yang akan mengatasi masalah-masalah yang disebabkan oleh iritasi mata ringan, termasuk ketika mata kemasukan serangga. Selain itu, Braito Original juga meredakan mata merah akibat iritasi tersebut, membuatnya kembali terlihat jernih.

Membersihkan serangga juga bisa dilakukan dengan meminta bantuan teman untuk mencari di mana serangga tersebut tergeletak di dalam kelopak mata. Segera ambil secara perlahan dan hati-hati. Gunakan media yang bersih untuk mencegah terjadinya infeksi.

Bila sekiranya tumbukan antara serangga dan bola mata terlalu kencang dan membuatnya terbenam ke dalam bola mata, segera hubungi dokter spesialis mata untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik. Ini karena bahaya serangga yang masuk ke mata juga bisa menyebabkan kebutaan.

Menurut dr. Armanto Sidohutomo, dari RS Mata Undaan, kebutaan tersebut dipicu oleh gigitan serangga pada mata. Ketika kelilipan serangga, seseorang akan merasakan mata gatal, panas, nyeri, rasa pedih yang luar biasa, dan kadang melepuh. Kebutaan bisa terjadi saat serangga masuk ke kornea.

“Saat menggigit, serangga mengeluarkan cairan yang berbahaya untuk mata. Serangga yang terjebak masuk ke mata manusia berusaha untuk keluar lagi dengan cara menggigit, sebelum akhirnya mati,” tutur dr. Armanto.

Intinya, janganlah tergesa-gesa mengucek mata ketika mata kemasukan benda asing, seperti serangga. Kuatkan diri untuk menahan rasa perih dan gatal daripada harus menanggung efek yang lebih buruk hanya gara-gara tidak tahan untuk mengucek mata.



Hak Cipta : KapanLagi Network