09 Jun 2016

Tips Sejukkan Mata di Tengah Terik Bulan Puasa

Sahabat Braito masih bisa mengembalikan kesejukan mata di tengah terik bulan puasa.

Braito.co.id - Teriknya matahari di siang hari saat bulan puasa memang bikin sebagian orang ‘tersiksa’. Tapi, tidak sedikit pula orang-orang yang bisa menjalani puasa dengan tenang, tanpa mengeluh panas dan kehausan. Mungkin tergantung amal ibadat kali, ya.

Namun, bicara tentang fakta dehidrasi, National Eye Institute (NEI), lembaga riset kesehatan mata internasional dari Inggris dan Spanyol, menjabarkan kekurangan cairan tubuh akibat cuaca yang panas tak hanya menyebabkan dehidrasi, tetapi juga dapat menghilangkan kesejukan mata. Terlebih saat sedang puasa.

Meski begitu, Sahabat Braito masih bisa mengembalikan kesejukan mata di tengah terik bulan puasa. Tentunya, dengan menyimak beberapa tips berikut ini.

Manfaatkan Mentimun

Lihat mentimun tergeletak di atas meja saat berpuasa rasanya jadi membuat nafsu makan tiba-tiba menggelora. Ambil timun tersebut, kupas, dan potong tipis-tipis. Bukan untuk dimakan, tetapi letakkan irisan timun tadi sampai menutupi kedua mata. Biarkan selama 10 menit. Beragam nutrisi dan cairan yang terkandung dalam mentimun dapat membantu mengembalikan kesegaran mata.

Jangan Buang Kantung Teh Bekas

Jangan buru-buru membuang kantung teh bekas, karena bisa dimanfaatkan untuk menyejukkan mata. Jika sedang berpuasa, Sahabat Braito bisa membuat celupan teh, simpan airnya di dalam kulkas untuk diminum nanti saat berbuka. Sementara, bekas kantung tehnya gunakan sebagai masker mata. Tinggal tutupkan pada kedua mata selama 10-15 menit, sambil menenangkan diri. Kandungan bioflavonoidnya dapat membantu mengembalikan kesejukan mata saat berpuasa.

Istirahatkan Mata

Kurangi aktivitas yang berhubungan dengan menatap langsung layar, seperti komputer, televisi maupun ponsel. Jika ada waktu luang, istirahatkan mata sejenak dengan tidur siang selama bulan puasa. Paling tidak memejamkan mata sekitar 50-60 menit, semisal sedang di tengah-tengah kesibukan kantor. Selain dapat menyejukkan mata juga dapat melemaskan otot mata agar tidak terlalu lelah.

Jangan Lupa Berkedip

Berkedip menjadi hal simpel yang kerap terabaikan manakala sudah fokus di depan layar. Padahal, berkedip secara rutin dapat membantu mata tetap terlumasi dengan baik. Jika tidak, selain terasa lelah, terlalu lama menatap layar dan jarang berkedip rentang menyebabkan mata merah.

Bila sudah demikian, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah melumasi mata dengan obat tetes mata, seperti Braito Tears. Kandungan Hydroxy Propyl Methyl Celluose-nya dapat berfungsi sebagai air mata buatan yang bisa menyejukkan mata akibat gejala mata kering. Salah satunya akibat terlalu lama membaca atau fokus di depan layar.



Hak Cipta : KapanLagi Network