05 Apr 2016

Tips Sehat Pemakai Lensa Kontak

Lensa kontak memerlukan perlakuan tersendiri, agar tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan mata.

Braito.co.id - Di antara Sahabat Braito, berapa banyak yang mengenakan lensa kontak? Lensa kontak memang menjadi sebuah kebutuhan tersendiri. Tidak hanya berfungsi untuk membantu penglihatan, tetapi juga membuat mata menjadi lebih indah. Kini orang Indonesia bisa memiliki mata biru atau hijau layaknya orang Amerika berkat lensa kontak.

Tapi harus diingat bahwa memiliki dan menggunakan lensa kontak bukan sekadar lepas-pasang saja. Lebih dari itu, lensa kontak memerlukan perlakuan tersendiri. Sahabat Braito harus mengetahui cara yang sehat dalam memiliki lensa kontak.

Memasang Lensa Kontak

Pertama, pastikan bahwa tangan sudah bersih dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Kemudian keringkan keduanya. Setelah itu gunakan tangan yang stabil, atau yang biasa digunakan untuk menulis. Letakkan lensa kontak di jari telunjuk.

Pakai jari tengah untuk menarik kelopak mata bagian bawah ke arah bawah, sementara untuk kelopak mata bagian atas ditarik ke atas dengan menggunakan telunjuk tangan satunya. Pastikan mata melihat ke atas dan secara perlahan letakkan lensa kotak di bagian bawah putih mata.

Lepaskan jemari tangan dari lensa kontak dan kelopak mata, kemudian tutup mata selama beberapa detik. Voila! Lensa kontak akan terpasang tepat di tengah mata.

Melepas Lensa Kontak

Sama seperti saat memasang, sebaiknya tangan sudah dibersihkan dari kotoran dengan mencuci dan mengeringkannya terlebih dahulu. Mata melihat ke atas, tarik kelopak mata bagian bawah ke arah bawah dengan menggunakan jari tengah. Letakkan jari telunjuk ke bagian bawah lensa kontak, kemudian tarik lensa tersebut ke bagian putih mata. Secara perlahan, jepit kontak lensa dengan menggunakan jari telunjuk dan ibu jari, kemudian lepaskan dari mata.

Merawat Lensa Kontak

Perhatikan terlebih dahulu jenis lensa kontak yang dimiliki. Lensa kontak didesain untuk pemakaian dalam jangka waktu tertentu sesuai kebutuhan mata dan rekomendasi tenaga ahli. Ada lensa kontak harian yang hanya bisa dipakai sekali langsung buang, atau dua mingguan dan satu bulanan. Perhatikan jadwal penggantian lensa kontak agar tidak terlewat dari batas waktu yang ditentukan.

Untuk lensa kontak dua mingguan dan satu bulanan, lakukan perawatan setiap selesai pemakaian dengan cara membilas setiap sisi dari lensa kontak selama lima detik dengan cairan khususnya. Setelah itu teteskan cairan khusus sesuai yang disarankan merk lensa kontak di permukaan lensa kontak dan gosok dengan lembut selama 20 detik untuk memastikan telah bebas dari debu dan deposit kotoran.

Selain itu, harus diperhatikan pula bahwa air mata bisa mempengaruhi umur lensa kontak. Untuk itu diperlukan rekomendasi dari ahli di bidang mata untuk perawatan tambahan bagi pemakai lensa kontak. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lensa kontak agar terbebas dari debu dan kotoran dan hindari memakai lensa kontak melewati batas waktu kadaluarsanya agar kesehatan mata tetap terjaga.

Menyimpan Lensa Kontak

Demi menjaga kebersihan tempat penyimpanan, ganti kotak lensa kontak dengan yang baru setiap sebulan sekali. Hal ini akan menghindarkan lensa kontak dari bakteri dan jamur yang bisa berkembang biak pada tempat tersebut. Simpan lensa kontak dengan cairan khusus agar tidak kering dan mengeras karena disimpan.

Itulah beberapa tips sehat bagi pemakai lensa kontak. Bila tiba-tiba terjadi iritasi mata saat memakai lensa kontak, entah karena jari yang menyenggol lapisan terluar mata, atau karena hal-hal lainnya, segera berikan obat tetes mata yang manjur memulihkan kondisi mata merah.

Braito Original akan membebaskan mata dari segala gangguan saat mengenakan lensa kontak. Segera gunakan beberapa tetes setelah melepas lensa kontak. Biarkan Braito Original bekerja mengatasi gangguan mata setelah pemakaian lensa kontak selama beberapa waktu. Kemudian pasang kembali lensa kontak ketika mata telah terasa nyaman.



Hak Cipta : KapanLagi Network