29 Mei 2016

Tanda-Tanda Mata Sehat Berdasarkan Kedipannya

Berkedip bukan saja sebagai respon interaktif, namun juga bisa menjadi indikator kesehatan mata.

Braito.co.id - Mata indah adalah mata yang sehat. Biasanya orang mengidentikkan mata sehat dengan mata yang terlihat jernih. Padahal, sebenarnya indera penglihatan yang sehat itu lebih dari apa yang terlihat di luarnya.

Tanda-tanda mata sehat bisa dilihat berdasarkan cara seseorang berkedip. Maksudnya, kebiasaan dalam berkedip akan menentukan kesehatan dari salah satu alat tubuh paling vital ini.

Berkedip sendiri adalah proses alamiah saat mata meratakan pelembap (air mata) ke seluruh permukaan. Hal ini untuk menjaga kelembapannya. Orang yang jarang berkedip sudah pasti akan menghadapi gangguan seperti mata kering dan lelah karena kurangnya kelembapan pada bola mata.

Karena alasan di atas, biasakanlah untuk berkedip layaknya mata yang sehat. Seperti apakah mata sehat berdasarkan kedipan?

Sekejap Mata

Mata sehat hanya memerlukan waktu 400 milidetik saja dalam melakuan satu kedipan. Kedipan tersebut sama cepatnya dengan kepakan sayap kupu-kupu. Saking cepatnya proses alami tersebut sampai dibuat sebagai kata kiasan, yaitu ‘sekejap mata’ untuk menggambarkan begitu cepatnya waktu berlalu.

Kedipan Per Menit

Menurut Dr. Stephen Juan, penulis The Odd Body: Mysteries of Our Weird and Wonderful Bodies, manusia dan mata yang sehat memiliki kedipan yang bervariasi, antara 10 hingga 15 kali setiap menitnya. Sementara untuk umur yang lebih muda, intensitas kedipan per menit lebih sedikit, sekitar 10 kali.

Coba hitung kedipan Sahabat Braito setiap menitnya, apakah termasuk juga sebagai mata sehat?

Makin Banyak Aktivitas, Makin Sering Berkedip

Mata sehat akan semakin sering berkedip, tergantung dari aktivitas apa yang sedang dikerjakan. Misalnya saja, kedipan mata sehat saat menatap layar komputer pasti lebih banyak dibandingkan ketika membaca buku.

Berkedip Secara Sempurna

Mata yang sehat memiliki kedipan yang sempurna. Penelitian ini pernah dilakukan oleh Dr. Bill Gleason. Kedipan sempurna yang dimaksud adalah kelopak mata benar-benar menutup bagian mata. Namun karena saking cepatnya proses berkedip kadang orang tidak tahu apakah ia sudah berkedip dengan benar atau tidak. Jadi pastikan untuk mengingat cara berkedip secara sempurna.

Setiap manusia butuh berkedip. Tidak bisa dibayangkan bagaimana rasanya hidup tanpa berkedip. Tapi sering kali kesibukan membuat orang lupa bahwa mereka perlu melumasi bola matanya. Kurang berkedip akan membuat mata merah dan terasa lelah. Untuk meredakannya, gunakan tetes mata Braito Tears yang berfungsi sebagai air mata buatan untuk menyejukkan dan melumasi bola mata. Miliki mata sehat dan indah dengan berkedip secara baik dan benar, ya, Sahabat Braito.



Hak Cipta : KapanLagi Network