06 Nov 2017

Serum Mata, Amankah Digunakan?

Dalam sebotol gel serum mata terdapat sejumlah bahan aktif, seperti vitamin dan antioksidan.

Braito.co.id - Semua orang pasti ingin selalu tampil awet muda, khususnya yang sudah melewati masa mudanya. Kulit jadi kehilangan elastisitasnya dan mudah menampakkan kerutan, membuat tampilan wajah jadi cepat tua, khususnya di sekitar mata, di mana kerutan dan tanda-tanda penuaan begitu mudah terlihat oleh banyak orang.

Untuk mengatasi kekhawatiran umat manusia terhadap penampilan yang kusam dan tak lagi muda, kini banyak produk kosmetik yang mengedepankan perawatan terhadap kulit di sekitar mata. Tujuannya, tentu saja untuk mengembalikan kekenyalan kulit di sekitar mata, menjaganya supaya tampak muda dan menjauhkan gejala penuaan dini.

Dalam sebotol gel serum mata terdapat sejumlah bahan aktif, seperti vitamin dan antioksidan. Krim ini didesain agar mudah menembus bagian terdalam kulit agar khasiat krim mata bisa dengan cepat bekerja mengatasi keriput, noda hitam, jerawat, atau perubahan warna, sekaligus mendorong regenerasi kulit.

Menurut Patricia Farris, MD, ahli dermatologi dari Tulane University School of Medicine, kulit di sekitar mata ternyata lebih rapuh dan lebih rentan terhadap kekeringan. Karena itu, proses penuaan dini sangat cepat terlihat di area ini. Banyak wanita, dan tentunya juga kaum pria, berharap dengan menggunakan serum mata, kondisi kulit jadi lebih lembap dan kenyal agar terlihat lebih awet muda.

Namun di balik khasiatnya ada satu pertanyaan yang timbul, apakah serum mata aman digunakan dan tidak mengganggu kesehatan indera penglihatan?

Dr. Amaranila Lalita, Sp.KK., ketua Indonesia Society of Laser Dermatology menjelaskan bahwa perawatan untuk kulit di sekitar mata diperbolehkan, bahkan sangat dianjurkan.

“Boleh saja menggunakan krim perawatan wajah mengandung pelembap. Soalnya kalau nggak dilindungi nanti bagaimana jika terkena sinar matahari. Tapi lebih baik lagi jika Anda menggunakan eye balm atau eye cream,” ungkapnya, di sela-sela workshop Melanox, November 2013 silam.

Bila digunakan secara teratur, serum mata bisa memberikan manfaat besar, seperti membantu mencegah kekeringan di area mata, mengatasi sembap dan kantung mata yang disebabkan pembengkakan pembuluh darah, meringankan lingkaran hitam di bawah mata, serta memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan di sekitar mata. Saat ini ada banyak produk yang dijual di pasaran. Biasanya sudah dilengkapi dengan formula khusus agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Untuk penggunaan serum mata yang benar, ikuti saran dari David Colbert, MD, ahli kulit dari New York Dermatology.

Pijatan Lembut

Setelah serum diaplikasikan, berikan pijatan ringan di area sekitar mata. Hindari tekanan-tekanan yang terlalu kuat karena kulit sekitar mata sangat sensitif.

Biarkan Meresap

Untuk penggunaan serum mata sebelum riasan wajah, berikan waktu selama satu menit agar meresap ke dalam kulit. Setelah itu, Sahabat Braito bisa mengenakan makeup.

Sedang-Sedang Saja

Memberikan serum dalam jumlah banyak tidak akan memberikan dampak yang lebih maksimal. Justru sebaliknya, tindakan ini bisa memicu iritasi. Pakailah serum mata secukupnya.

Kesimpulannya, tak perlu khawatir menggunakan serum mata, selama tidak menimbulkan dampak merugikan pada indera penglihatan. Namun bila muncul iritasi atau gangguan pada kulit atau mata, segera hubungi dokter terkait untuk segera mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

 



Hak Cipta : KapanLagi Network