21 Jun 2017

Pelesir ke Tanjung Pinang, Coba Buka Puasa dengan Gonggong

Gonggong yang ini bukan suara anjing, melainkan jenis kerang yang banyak ditemui di Kepulauan Riau.

Braito.co.id - Tanjung Pinang, sebuah kota di salah satu sudut Sumatera yang merupakan ibukota dari Provinsi Kepulauan Riau. Letaknya berada di Pulau Bintan dan saat ini menjadi salah satu incaran bagi para wisatawan dalam dan luar negeri berkat keindahan wisata baharinya yang memesona.

Beberapa tempat wisata yang patut Sahabat Braito kunjungi ketika berada di sana adalah Pulau Penyengat, Pantai Trikora yang terkenal dengan pasir putihnya, atau Pantai Buatan yang merupakan jujugan seru menghabiskan waktu ngabuburit di batas kota.

Selain itu, satu hal yang menarik dari Tanjung Pinang adalah sangat dekatnya kota tersebut dengan negara tetangga, Singapura dan Malaysia. Tak perlu naik pesawat lagi. Cukup dengan kapal cepat dan butuh beberapa waktu saja, sudah sampai di sana.

Begitu banyak keindahan yang ditawarkan oleh Tanjung Pinang. Sudah tak sabar untuk pergi ke sana? Tapi jangan lupa, lengkapi diri dengan tetes mata sepanjang perjalanan. Gangguan kesehatan mata bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Ketika bepergian dengan motor, bahkan saat sedang menghabiskan waktu dengan membaca buku pun bisa mengalami gejala sakit mata, seperti mata merah, mata perih, atau mata gatal. Dengan selalu membawa obat tetes mata terbaik, traveling bakal lebih sempurna, karena bebas gangguan penglihatan yang dapat merusak indahnya berpetualang ke Tanjung Pinang. Sementara untuk obat tetes mata terbaik yang bisa dipilih sebagai peneman traveling, pilihlah Braito Original Sekali Tetes.

Salah satu keindahan wisata Tanjung Pinang adalah kuliner makanan lautnya yang melimpah dan unik. Sebagai daerah kepulauan, tak heran kalau hewan laut menjadi salah satu sumber daya alam yang begitu mudah didapati di tempat ini. Bicara soal menarik, kuliner yang satu ini harus dicoba, Sahabat Braito, yaitu Gonggong.

Gonggong yang ini bukan suara anjing, melainkan jenis kerang yang banyak ditemui di Kepulauan Riau. Cangkangnya bukan seperti kerang biasa, mengingatkan pada souvenir yang biasa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Namun di dalam cangkang yang indah tersebut terdapat kelezatan yang hanya ada di Pulau Bintan.

Selain itu, cara makan Gonggong ini  juga sangat unik. Karena cangkangnya yang tebal dan susah dipecah, daging pun diambil dari lubangnya dengan menggunakan tusuk gigi. Jadi ada acara cungkil-mencungkil dulu sebelum sukses melahap daging Gonggong yang lezat. Bahkan kadang sudah dicungkil, diintip, diketuk-ketuk, eh, ternyata Gonggongnya kosong.

Kalau beruntung mendapatkan daging Gonggongnya, tinggal tusuk dan tarik dengan menggunakan tusuk gigi tersebut, kemudian rasakan sensasi kenyal dan rasa laut ketika daging tersebut dikunyah di dalam mulut.

Untuk melengkapi kelezatan Gonggong, sebelum dikunyah, cocolkan dulu dagingnya ke sambal yang disediakan sebagai teman bersantap Gonggong. Karena enak dan cara makannya yang bikin gemas,  wisata kuliner ini sangat disukai, terutama oleh para traveler yang pergi ke Tanjung Pinang.

Jadi, jangan sampai kelupaan berwisata kuliner Gonggong kalau pergi ke Tanjung Pinang. Tulis di agenda perjalanan biar tak terlewatkan begitu saja karena kelezatan dan keunikan menikmati Gonggong tak akan tergantikan.



Hak Cipta : KapanLagi Network