28 Agu 2017

Obati Sakit Mata dengan Air Rebusan Daun, Ada Dampak Negatifnya Lho!

Daun sirih dan bawang itu tidak steril, mengandung kuman yang bisa menjadi masalah besar bila masuk ke mata.

Braito.co.id - Di zaman yang serba internet seperti sekarang ini, rasanya apa pun dapat dicari di dunia maya. Mulai dari makanan, mainan, bahkan sampai obat-obatan. Namun, ada satu hal yang menarik ketika mengetik pencarian untuk obat sakit mata. Banyak situs yang menyebutkan bahwa air rebusan daun merupakan pengobatan tradisional yang ampuh untuk mengatasi gangguan kesehatan mata.

Namun benarkah air rebusan daun adalah obat yang cocok untuk sakit mata?

Blogger sekaligus selebriti, Raditya Dika mengundang ahli mata yang penuh humor, dr. Ferdiriva Hamzah dari Vitreo Retina Service Jakarta Eye Center, untuk menjelaskan berbagai fakta dan mitos kesehatan di saluran YouTube pribadinya.

Satu pertanyaan menarik dilontarkan Dika kepada dr. Ferdiriva, yaitu seputar rumor mengenai penggunaan rebusan air sirih dan daun bawang untuk mengobati sakit mata. Spontan sang dokter tidak mengamini mitos ini. Ia menganggap bahwa daun sirih dan bawang itu tidak steril, mengandung kuman yang bisa menjadi masalah besar bila masuk ke mata.

“Jelas itu salah banget. Daun-daun itu banyak jamurnya. Kalau elo masukkin air rebusan daun itu ke mata, sama saja dengan selamat datang jamur masuk ke dalam tubuh,” protes Ferdiriva Hamzah.

Dokter yang juga akrab dipanggil Riva ini juga menegaskan bahwa ketika ada luka pada bagian mata, jamur, bakteri, atau virus bisa semakin memperparah keadaannya. Alhasil, Sahabat Braito bisa mengalami kebutaan permanen.

Ia menceritakan pengalamannya ketika masih bertugas di RSCM. Di sana, dirinya menerima banyak pasien yang mengeluhkan penglihatan buramnya setelah menggunakan ramuan rebusan daun sebagai obat sakit mata. Bahkan ada yang lebih ekstrim, yaitu memakai air seni sebagai obat sakit mata.

Ketika memiliki mata yang sehat, mengapa harus mempertaruhkan kesempurnaanya untuk sesuatu yang belum pasti? Ada banyak obat tetes mata yang aman dan steril untuk mengobati gangguan pada organ mata. Braito Original, misalnya. Obat tetes mata terbaik ini dapat meredakan iritasi mata ringan yang diakibatkan beberapa hal. Mulai kemasukan debu, terpapar sinar matahari yang kuat, terkena asap, maupun efek zat kimia, seperti kaporit saat berenang.

Nah, bila sakit mata melanda, yang ditandai dengan mata merah, mata perih atau terasa gatal akibat iritasi ringan, jangan lagi diberi rebusan dedaunan. Namun, langsung saja teteskan obat tetes mata yang sudah teruji keampuhan dan keamanannya. Cukup teteskan 1-2 tetes, sebanyak 2-3 kali sehari, Braito Original pada bagian mata yang mengalami iritasi ringan.

Kandungan Tetrahydrozoline Hydrochloride 0,05% di dalamnya efektif meredakan iritasi mata ringan. Namun, jika sakit mata berlanjut, ada baiknya untuk segera pergi ke dokter mata. Bisa jadi mata Sahabat Braito memang perlu penanganan yang lebih intensif.

 



Hak Cipta : KapanLagi Network