09 Jun 2017

Mudah! Begini Cara Tes Buta Warna Sendiri di Rumah

Buta warna bisa terjadi pada anak-anak bila orang tuanya juga mengalami problem yang sama.

Braito.co.id - Sahabat Braito, pernah membayangkan bagaimana rasanya mengalami buta warna? Gangguan mata ini memang tidak berbahaya, namun cukup memengaruhi kualitas penglihatan manusia terhadap objek yang ada di depannya.

Menurut dr. Riski Prihatningtias, SpM dari RSUP dr. Kariadi, Semarang, buta warna bisa terjadi pada anak-anak bila orang tuanya juga mengalami problem yang sama. Selain itu, buta warna kemungkinan ada karena komplikasi penyakit lain, seperti diabetes mellitus yang akhirnya merusak retina.

Ternyata mendeteksi buta warna ini tak harus pergi ke dokter. Sahabat Braito bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikug adalah tips mudah tes buta warna secara manual.

Lihat Perilaku Anak

Ketika anak berusia sekitar tiga tahun, ia akan sangat tertarik dengan warna. Namun bila si kecil seperti tidak tertarik dengan aktivitas mewarnai, menggambar, atau yang berhubungan dengan warna, mungkin ada yang salah dengan matanya. Begitu pula ketika ia sering salah menyebutkan warna atau salah ambil warna pensil sesuai yang diperintahkan, bisa jadi ia mengalami buta warna.

Tes Pensil Warna

Kumpulkan pensil warna hijau, abu-abu, putih dan coklat dan minta si kecil ambil yang warna hijau. Kemudian minta dia mengambil pensil warna merah, dari sekumpulan pensil berwarna merah, kuning, hijau dan oranye. Lakukan tes ini beberapa kali karena anak yang salah ambil pensil warna belum tentu mengalami buta warna. Bisa jadi ia belum paham tentang warna.

Ikut Tes Online

Saat ini ada banyak tes-tes buta warna yang bisa didapatkan secara online. Tinggal Google saja pengujian yang diinginkan dan coba lakukan tes sendiri di depan layar komputer. Ketika melakukan tes ini sebaiknya ditemani dengan Braito Tears, obat tetes mata untuk melindungi penglihatan dari bahaya mata kering karena lupa berkedip. Braito Tears akan membantu Sahabat Braito menghadapi tes tersebut tanpa gangguan mata kering akibat terlalu lama menatap layar.

Gunakan 1-2 tetes Braito Tears sebanyak 2-3 kali sehari. Obat tetes mata terbaik ini dilengkapi Hydroxy Propyl Methyl Cellulose untuk mengembalikan kelembapan sekaligus menyejukkan organ mata. Namun jika sakit mata berlanjut, segera periksakan ke dokter mata terdekat.

Minta Bantuan Teman

Merasa kurang yakin bahwa mata Sahabat Braito sempurna saat melihat warna? Cara paling mudah adalah mengungkapkan masalah ini ke seorang teman, kemudian memintanya untuk membantu melakuan tes buta warna. Fokuskan pada warna-warna yang tidak bisa dideteksi oleh orang buta warna, seperti merah dan hijau. Kemudian simpulkan, apakah Sahabat Braito termasuk buta warna atau tidak.

Itulah beberapa langkah untuk mendeteksi buta warna secara mandiri, tanpa harus pergi ke dokter mata terlebih dahulu. Bila masih ragu, ada baiknya mengunjungi ahli mata untuk mendapatkan diagnosa dan cara yang lebih tepat dalam mendeteksi kelainan mata.

 



Hak Cipta : KapanLagi Network