07 Des 2017

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Menggunakan Lensa Kontak

Boleh saja pakai softlens, tapi jangan sampai merusak kesempurnaan mata yang tak tergantikan.

Braito.co.id - Dulu, softlens, atau lensa kontak itu dipakai sebagai alat bantu penglihatan. Terutama untuk mereka yang tak mau mengenakan kacamata. Tapi di zaman sekarang, makin banyak lensa kontak yang menjadi aksesori kecantikan. Bikin mata terlihat lebih bundar dengan iris yang berwarna-warni. Dipadu dengan semir rambut pirang, berasa seperti seorang bule.

Karena dikenakan di salah satu bagian tubuh yang paling vital, yaitu mata, Sahabat Braito harus prioritaskan kesehatan indera penglihatan. Boleh saja pakai softlens, tapi jangan sampai merusak kesempurnaan mata yang tak tergantikan.

Sebelum menggunakan lensa kontak, lakukan dulu lima hal di bawah ini.

Cek Kondisi Mata

Sebelum mengenakan lensa kontak, kunjungi dan konsultasikan dulu dengan dokter mata. Perlu diketahui bahwa tak semua orang cocok atau bisa memakai softlens. Bisa saja mata mengalami alergi setelah pemakaiannya.

Dokter Damara Andalia, Sp.M., dari Jakarta Eye Center mengungkapkan bahwa dokter mata bisa memantau dan menilai kesehatan jangka panjang kornea. Hal ini untuk menghindari beragam penyakit akibat kesalahan penggunaan lensa kontak, seperti ulkus kornea atau infeksi bakteri pada kornea.

Teliti Sebelum Membeli

Jangan tertarik dengan harga lensa kontak yang murah karena belum tentu memiliki kualitas yang bagus. Ketimbang membelinya secara online, ada baiknya mencarinya langsung di toko optik agar ada jaminan bila kualitasnya kurang bagus. Kalau pun terpaksa membeli online, perhatikan dulu review-review dari orang-orang yang sudah pernah membeli perangkat tersebut.

Selalu Jaga Kebersihan Tangan

Bila lensa  kontak sudah di tangan, selalu jaga kebersihan tangan sebelum dipakai untuk mengenakannya. Selalu cuci hingga bersih dengan sabun anti-kuman. Untuk yang punya kuku panjang, potong dulu agar terbebas dari kuman serta tidak sampai menggores softlens atau mata.

Ketahui Durasi Pemakaian

Untuk pemakaian softlens yang baik sebaiknya tak dipakai hingga lebih dari delapan jam. Sementara batas umurnya sebelum ganti yang baru adalah 6-12 bulan. Dengan mengetahui peraturan ini, diharapkan Sahabat Braito menjadi pemakai lensa kontak yang tertib. Memakainya terlalu lama, atau lebih dari delapan jam bisa menyebabkan berbagai gangguan mata, termasuk buta permanen.

Selalu Bawa Tetes Mata

Selalu temani lensa kontak dengan obat tetes mata. Iritasi mata akibat softlens bisa terjadi kapan saja. Bila timbul gejala mata merah dan pedih, serta terasa tidak nyaman, jangan ragu untuk melepasnya. Kemudian gunakan 1-2 tetes Braito Tears, 2-3 kali sehari. Braito Tears dengan formula Hydroxy Propyl Methyl Cellulose 0,3% bekerja efektif redakan iritasi mata ringan akibat penggunaan lensa kontak. Bila sakit mata berlanjut, segera hubungi dokter mata terdekat guna mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang lebih tepat.

Pastikan untuk memahami dan melakukan lima hal di atas sebelum menggunakan lensa kontak. Biar kesehatan mata terjaga, penampilan pun juga makin sempurna.



Hak Cipta : KapanLagi Network