30 Agu 2017

5 Alasan Diabetes Bisa Sebabkan Kebutaan

Dalam tingkat yang akut, penderitanya bahkan bisa mengalami kebutaan permanen.

Braito.co.id - Sudahkah membawa Braito Original? Hiruk pikuk kendaraan dengan asap dan polusi memang kerap sebabkan iritasi mata. Belum lagi ditambah debu proyek yang bertebaran. Di sinilah pentingnya membawa obat tetes mata terbaik, seperti Braito Original setiap saat. Dengan begitu bisa langsung dimanfaatkan untuk meredakan iritasi mata yang bisa melanda kapan saja.

Tinggal pakai 1-2 tetes Braito Original pada mata yang teriritasi, 2-3 kali sehari. Formula Tetrahydrozoline Hydrochloride 0,05% bekerja efektif mengobati sakit mata akibat iritasi ringan. Namun, bilamana kondisi mata tak kunjung membaik, coba periksakan ke dokter mata. Apalagi kalau sebelumnya Sahabat Braito mengidap, atau punya potensi kencing manis.

Bukan tanpa alasan, sebab diabetes ternyata juga dapat memengaruhi kesehatan mata. Dalam tingkat yang akut, penderitanya bahkan bisa mengalami kebutaan permanen. Mengapa bisa terjadi? dr. Muhammad Ikhsan Mokoagow, Sp.PD., dari Jakarta Eye Center akan membantu menjelaskannya untuk Sahabat Braito.

Pankreas Tak Lagi Memroduksi Insulin

Diabetes dimulai dengan adanya kerusakan metabolisme pada pankreas. Organ tubuh yang bertugas memroduksi hormon dan enzim untuk menghancurkan makanan di perut ini kesulitan menghasilkan insulin, yang diperlukan untuk membuka jalan agar glukosa dapat masuk ke dalam sel untuk menghasilkan energi, menekan produksi gula di hati dan otot, serta mencegah pemecahan lemak sebagai sumber energi.

Hilangnya Keseimbangan

Karena insulin gagal bekerja, keseimbangan glukosa darah pun terganggu. Tubuh pun mengalami kesulitan untuk mendapatkan sumber energi. Ini karena tugas insulin adalah mengubah glukosa menjadi energi.

Rusaknya Pembuluh Darah

Karena tubuh kesulitan mendapatkan energi, terjadi reaksi lain, yaitu kerusakan pembuluh darah. Terjadilah kebocoran di berbagai tempat. Yang mendapatkan hantaman paling parah adalah pembuluh darah pada otak, ginjal, serta mata.

Retinopati Diabetik

“Yang paling terlihat gejalanya itu pembuluh darah yang bocor di retina mata. Penderita diabetes akan merasakan penglihatan mata buram atau berbayang,” jelas dokter ikhsan. Kondisi ini biasanya baru dirasakan penderita diabetes setelah mengalami gangguan penglihatan.

Kebutaan

Kebocoran pembuluh darah mata yang tak bisa atau terlambat ditangani akan membuat organ mata berangsur-angsur kehilangan daya penglihatannya. Pada akhirnya, penderita diabetes pun mengalami kebutaan.

Diabetes mungkin sulit dihindari, terutama ketika ada faktor genetik sebagai pembawanya. Namun dengan penanganan yang tepat dan tidak terlambat, penyakit ini tidak akan sampai mengakibatkan kebutaan. Pastikan secara rutin mengunjungi dokter mata agar kondisi kesehatan mata tetap terkontrol dengan baik.

 



Hak Cipta : KapanLagi Network