03 Mar 2016

4 Masalah Umum Gangguan Mata yang Perlu Diketahui

Saat ini ada empat masalah mata yang sering dijumpai oleh publik. Yuk, ketahui dengan lebih seksama.

Braito.co.id - Bagi manusia, mata adalah salah satu organ paling vital di kehidupannya. Ketika seseorang mengalami gangguan mata, perjalanan mencapai target yang diinginkan pun sedikit terhambat. Saat ini ada empat masalah mata yang sering dijumpai oleh publik. Yuk, ketahui dengan lebih seksama.

Rabun

Rabun jauh, atau miopi ini adalah kerusakan mata yang disebabkan oleh jatuhnya bayangan berada pada depan retina. Mereka yang mengalami rabun jauh hanya bisa melihat sesuatu dari jarak dekat. Penggunaan kacamata lensa cekung akan sangat membantu mengatasi hal ini.

Berbeda dengan rabun jauh, rabun dekat atau hipermetropi terjadi ketika jatuhnya bayangan berada di belakang retina. Sudah jelas bahwa penderita rabun dekat ini tidak bisa melihat objek-objek yang dekat sehingga sangat mengganggu ketika diajak membaca buku, melihat gadget, atau membuat tulisan.

Katarak

Menurut National Health Institute, sindrom mata kering umumnya terjadi pada mereka yang telah berusia lanjut. Karena sistem metabolisme yang telah berkurang kekuatannya, mata pun mengalami gangguan memproduksi cairan pelumas, yang salah satu dampaknya adalah katarak.

Katarak terjadi ketika ada pengapuran pada lensa mata serta elastisitas yang berkurang. Pandangan jadi terganggu dan buram, seperti melihat sesuatu dari balik tirai atau kelambu berwarna putih. Selain itu, bagian kornea mata juga terlihat memutih sebagai akibat dari pengapuran tersebut.

Mata Merah

Mata merah sering dikaitkan dengan iritasi mata. Beberapa penyebabnya, antara lain adalah masuknya benda asing hingga mengenai permukaan terluar bola mata, mata lelah, atau mata yang terasa gatal dan dikucek. Gangguan ini termasuk yang ringan dan bisa diatasi dengan obat tetes mata.

Mata Kering

Bagi masyarakat modern, gangguan mata kering sudah sering terjadi di mana pun dan kapan pun. Penyebabnya ada berbagai hal. Mulai dari kelelahan karena berlama-lama melihat monitor komputer, hingga konsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia tertentu. Beberapa gejala yang menyertainya, antara lain mata terasa kering dan panas, dan berair.

Jangan biarkan mata kering menjadi gangguan dalam mencapai target tujuan. Sebagai pertolongan pertama, gunakanlah obat tetes mata Braito Tears yang bekerja sebagai pelumas mata, sehingga dapat menyejukkan mata kering.



Hak Cipta : KapanLagi Network