15 Sep 2017

3 Olahraga Khusus Mata Wajib Coba

Olahraga mata bisa membantu kemampuan mekanik dan optik mata.

Braito.co.id - Sahabat Braito pasti tahu bahwa olahraga itu menyehatkan badan. Dengan menggerakkan seluruh tubuh, badan dilatih untuk tetap lincah, menjaga otot dan tulang tetap kuat dan elastis. Selain itu, dengan berolahraga, stamina dan semangat juga terjaga sepanjang hari. Intinya, ada banyak kebaikan di balik menggerakkan badan secara aktif.

Ternyata olahraga tak cuma bisa dilakuan dilakukan dengan bagian-bagian tubuh yang bersendi, seperti tangan dan kaki. Mata pun juga bisa diajak berolahraga. Menurut ahli bedah mata, Dr. Keiki Mehta dari Mehta International Eye Institute, olahraga mata bisa membantu kemampuan mekanik dan optik mata.

“Latihan meningkatkan kestabilan mekanik dari mata dengan mengoordinasikan dan menguatkan otot mata, sehingga meningkatkan kemampuan mata untuk fokus,” jelas Dr. Keiki kepada Times of India.

Wah, harus dicoba untuk generasi masa kini yang giat bekerja dan sering berhadapan dengan berbagai penyebab sakit mata, seperti terkena debu atau benda asing saat mengendarai sepeda motor. Berikut adalah tiga olahraga khusus mata yang wajib Sahabat Braito coba.

Eye Roll

Eye roll adalah gerakan memutar bola mata searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam secara bergantian. Latih mata untuk melakukan gerakan ini setiap 30 menit dengan durasi lima menit. Olahraga ini paling tepat buat yang sering menatap layar komputer atau smartphone, atau ketika sedang membaca buku.

Cross Eye

Untuk latihan cross eye, pegang pensil di tangan kanan, kemudian rentangkan lengan tangan ke depan. Fokuskan mata pada pensil, kemudian secara perlahan tarik pensil mendekati mata hingga jarak terdekat sekitar 15 cm. Usahakan tetap fokus pada pensil. Setelah itu panjangkan lengan kembali dengan mata tetap memandang pensil tersebut. Ulangi terus hingga 10 kali.

Yoga for Eyes

Ada beberapa gerakan yoga khusus untuk mata.

  • Pejamkan mata selama 30 detik untuk merilekskan mata.
  • Menggerak-gerakkan mata dari atas ke bawah ketika lelah mengerjakan tugas.
  • Untuk mata yang lebih tajam dan otot yang lentur, sering-seringlah melakukan gerakan mata, dari kanan atas ke kiri bawah. Kemudian dibalas dengan gerakan dari kiri atas ke kanan bawah.
  • Latihlah mata untuk melihat benda-benda dengan jarak yang berbeda-beda.
  • Gosok-gosokkan kedua telapak tangan hingga terasa hangat, kemudian tempelkan pada dua mata yang tertutup. Sensasi hangat dari telapak tangan akan membuat mata jadi lebih rileks dan segar.

Itulah gerakan-gerakan olahraga khusus mata yang akan membuat penglihatan Sahabat Braito tetap sehat. Namun bila gangguan terlanjur datang, seperti iritasi mata ringan akibat kemasukan debu atau benda mikroskopis lainnya, segera berikan pertolongan pertama dengan Braito Original. Obat tetes mata yang mengandung Tetrahydrozoline Hydrochloride  0,05% ini bekerja efektif meredakan mata merah, mata perih, atau mata gatal akibat iritasi mata ringan.

Gunakan 1-2 tetes, 2-3 kali sehari pada mata yang teriritasi agar kembali cerah dan segar. Namun, bila rasa sakit terus berlanjut, hubungi dokter mata terdekat untuk perawatan yang lebih tepat.



Hak Cipta : KapanLagi Network