Mata Sakit, Jangan Telat Berikan Pertolongan Pertama

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Terkadang, manusia sering terlambat dalam menyadari instingnya. Bahkan ketika tubuh sudah memberikan peringatan, seperti sensasi rasa sakit yang dikirim ke otak, untuk kemudian disebarkan ke tubuh untuk memberitahukan bahwa ada yang salah pada organ tersebut.

Salah satu respon tubuh yang sering terasa adalah sakit pada organ mata. Ada banyak contoh gejala sakit mata yang bisa disebutkan di sini, seperti mata bengkak, mata berair, mata perih, atau mata merah. Sayangnya, masih banyak orang-orang yang mengabaikan pertanda tersebut, menganggap bahwa setiap sakit mata itu ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya.

Ingat, Sahabat Braito bukanlah tokoh X-Men, Wolverine yang bisa menyembuhkan diri dalam waktu cepat. Dibutuhkan kesadaran diri untuk segera memberikan pertolongan pertama ketika mata terasa sakit.

Berikut adalah tanda-tanda sakit pada mata dan cara penanggulangannya.

Mata Bengkak

Menurut Kris G. McGrath, seorang Profesor medik di Northwestern University Feinberg School of Medicine, mata bengkak terjadi karena adanya gangguan aliran darah pada pembuluh darah di area mata. Salah satu penyebab utamanya adalah ketika terjadi alergi pada mata.

Sebagai pertolongan pertama, gunakan tetes mata Braito Original, yang terbukti ampuh mengatasi sakit mata akibat alergi. Braito Original akan bekerja mengeluarkan alergen dari mata, sekaligus mengecilkan pembuluh darah dan menghentikan histamine yang menyebabkan mata terus-menerus mengeluarkan cairan. Gunakan 1-2 tetes pada mata yang teriritasi, 2-3 kali sehari. Namun bila bengkak masih berlanjut dalam jangka waktu lebih dari tiga hari, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Mata Berair

Mata mengeluarkan cairan adalah hal yang biasa terjadi, terutama saat Sahabat Braito sedih atau tertawa terbahak-bahak. Namun mata berair juga bisa pertanda bahwa ada yang salah dengan indera penglihatan. Hal ini bisa menandakan bahwa mata terlalu lelah karena diajak beraktivitas dalam waktu yang lama, flu, radang kelopak mata, faktor umur, konjungtivitis, infeksi, pengaruh obat-obatan, hingga karena adanya tumor.

Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan kompres hangat pada mata, atau juga dengan menggunakan tetes mata. Tapi segera kunjungi dokter bila obat mata tak mempan mengatasi mata berair karena bisa jadi ini adalah pertanda dari gejala sakit mata yang parah.

Mata Perih

Ketika mata terasa perih, itu berarti bahwa ada gangguan pada penglihatan. Bisa karena debu yang menginfeksi mata, cidera akibat hantaman atau pukulan, mata kering, atau penyebab-penyebab remeh lainnya, seperti asap pembakaran dan rokok, kemasukan sampo atau sabun, serta akibat klorin yang terkandung pada air kolam renang.

Kompres air dingin dan tetes mata bisa membantu mengembalikan kondisi mata. Bila alergi, jauhi dulu alergen supaya mata tidak terus-terusan terasa perih. Yang perlu diingat, jangan menggosok mata yang perih dengan tangan kotor. Selalu cuci tangan untuk memastikan bahwa tidak ada kuman atau bakteri yang bisa memperparah kondisi mata.

Mata Merah

Mata merah sering terjadi pada manusia. Penyebabnya pun beragam, mulai dari akibat kelilipan, trauma atau luka pada mata, peradangan pada organ penglihatan, hingga masalah perdarahan. Untuk mengatasi masalah mata merah, perlu dilihat dulu penyebabnya. Bila hanya iritasi ringan, tuntaskan dengan tetes mata Braito, namun kalau mata merah bertahan hingga tiga hari tanpa ada tanda-tanda kesembuhan, segera hubungi dokter mata terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

Jangan biarkan mata sakit mengganggu aktivitas Sahabat Braito. Ketahui penyebabnya untuk memberikan pertolongan pertama tanpa harus menganggap remeh gangguan tersebut. Semakin cepat mendapatkan pertolongan, mata sakit pun tak perlu dikhawatirkan.

Mata Sakit, Jangan Telat Berikan Pertolongan Pertama | Admin | 4.5