Mata Perih, Apakah Pertanda Iritasi Mata?

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Ketika mata terasa perih, sebagian besar masyarakat awam akan menganggap bahwa terjadi iritasi pada penglihatan. Padahal tidak semua mata perih berarti iritasi mata. Ada banyak penyebab yang membuat organ tersebut mengirimkan sinyal berupa rasa sakit ke otak dan meneruskannya ke Sahabat Braito, tanda bahwa ada sesuatu yang terjadi dengannya dan harus segera dibenahi.Mata Perih Apakah Pertanda Iritasi Mata - Mata Perih, Apakah Pertanda Iritasi Mata?

Karena itu, tak ada salahnya bila Sahabat Braito mulai mempelajari dan memahami, apa saja pertanda di balik rasa perih pada bola mata supaya tahu bagaimana menanggulanginya. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan penglihatan terasa nyeri.

Terjadi Infeksi Virus Pada Mata
Ketika mata terasa sakit, disertai dengan kotoran yang banyak, rasa gatal dan pedih yang bercampur menjadi satu, serta diikuti dengan sensasi seperti terbakar, biasanya hal ini menandakan bahwa ada mikroorganisme yang menyerangnya. Ya, dengan ukuran yang sangat kecil, virus dan bakteri memang punya kemampuan untuk masuk ke dalam tubuh manusia, termasuk mata.

Kasus kesehatan seperti ini umumnya disebut sebagai konjungtivitis, di mana konjungtiva diserang oleh virus atau bakteri dan membuat infeksi. Konjungtiva adalah selaput tipis yang melapisi bola dan kelopak mata. Bila terserang, tubuh akan bereaksi dengan memperbanyak cairan mata, terasa gatal, serta terbentuknya kotoran pada sudut dan bulu mata.

Bila kejadian ini berlanjut, muncullah peradangan, atau blepharitis pada kelopak mata. Inilah salah satu penyebab mata perih.

Kelilipan
Kelilipan adalah istilah keren ketika ada benda asing yang masuk dan menginfeksi bagian luar bola mata. Gangguan ini diikuti dengan rasa gatal dan pedih yang tidak nyaman dan menggoda tangan untuk mengucek mata, kemudian diikuti dengan mata yang berubah warna menjadi merah. Biasanya hal ini terjadi ketika Sahabat Braito berada di luar ruangan dan terhembus angin yang bercampur dengan debu dan kotoran-kotoran kecil.

Untuk mengatasi hal ini, segera teteskan Braito Original Sekali Tetes. Dengan kemasannya yang praktis, Braito Original Sekali Tetes tidak akan merepotkan untuk dibawa ke mana saja, siap membantu menghadapi iritasi mata akibat kelilipan. Kemasan sekali pakainya akan memastikan tidak ada penularan dari mata yang terinfeksi ke yang sehat. Teteskan pada mata yang terasa perih dan biarkan Braito Original Sekali Tetes mengatasi masalah tersebut dengan cepat dan tuntas.

Cidera Mata
Cidera mata bukan souvenir yang dibeli saat berwisata ke Yogyakarta (itu cinderamata, Sahabat Braito). Keadaan ini terjadi di tengah-tengah aktivitas. Bisa jadi karena terkena bola saat bermain tenis, atau tergores sesuatu secara tidak sengaja di meja kerja, kemudian menyebabkan mata terasa pedih dan berair.

Mata Kering
Mata kering terjadi saat kelenjar air mata kesulitan untuk menghasilkan cairan sesuai dengan yang diperlukan indera penglihatan. Hasilnya, mata terasa tidak nyaman akibat kehilangan kelembapannya. Biasanya hal ini terjadi karena paparan angin dari penyejuk udara, atau karena lupa berkedip saat memandang layar komputer selama berjam-jam lamanya.

Alergi
Gangguan mata perih juga bisa terjadi karena adanya alergen yang mengakibatkan terjadinya peradangan pada penglihatan. Alergen seperti bulu kucing atau serbuk sari yang memiliki bobot ringan sangat mudah diterbangkan oleh angin dan hinggap ke mata tanpa disadari oleh pemiliknya. Akibat infeksi ini, mata jadi merah dan pedih.

Kebanyakan kasus mata perih akan menghilang dengan sendirinya. Terutama untuk infeksi-infeksi yang tergolong ringan. Namun bila sakit berlanjut hingga berhari-hari, tidak ada salahnya bila Sahabat Braito mendapatkan pertolongan dari ahli mata. Dikhawatirkan ada yang lebih dari sekadar iritasi yang terjadi pada mata.

Mata Perih, Apakah Pertanda Iritasi Mata? | Admin | 4.5