Mata Lelah, Begini Cara Mengatasinya

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Mata manusia adalah organ yang memiliki batasan dalam bekerja. Bila digunakan secara terus-menerus, mata pun juga bisa mengalami kelelahan. Sama seperti hati yang selalu dibikin menunggu, akhirnya bakal merasa lelah juga.Mata Lelah Begini Cara Mengatasinya - Mata Lelah, Begini Cara Mengatasinya

Menurut dr. Ikhsan Revino, Sp.M., spesialis mata dari Klinik Spesialis Mata SMEC Jakarta, mata yang terlalu sering digunakan untuk mengoperasikan gawai, seperti smartphone dan tablet, dengan jangka waktu lama dan tanpa istirahat dapat mengakibatkan asthenopia, atau mata lelah. Hal ini terjadi karena pupil mata responnya terhadap sinar berkurang karena terkena cahaya secara berlebihan. Biasanya gejala sakit mata ini disertai dengan mata berair, mata perih, dan terasa cepat capek karena otot-otot mata yang dipaksa bekerja terlalu keras.

Tapi bedanya, kalau lelah hati susah cari obatnya, organ mata yang lelah justri lebih mudah diatasi. Ada beberapa cara mudah untuk menghadapi mata lelah. Jadi, untuk yang tiap hari selalu berhadapan dengan monitor komputer dan gawai, berikut adaalah cara mengatasi mata lelah.

Ubah Jarak Antara Mata dan Layar Gawai

Karena konsentrasi yang terlalu tinggi, Sahabat Braito kadang tak sadar bahwa mata terlalu dekat dengan layar komputer atau gadget. Inilah yang membuat mata terasa nyeri, yang menjadi tanda bahwa otak memerintahkan untuk membuat jarak yang lebih jauh antara mata dan layar gawai. Dengan jarak yang terjaga, kekuatan mata pun akan terjaga supaya tak mudah lelah.

Kompres Mata

Kompres mata dengan air dingin akan membuat organ mata kembali rileks dan nyaman. Caranyaa sangat mudah, hanya dengan menggunakan kain yang dicelupkan di air dingin untuk kemudian ditempelkan di mata. Selain bikin mata nyaman, kompres mata akan membuat penglihatan jadi lebih bersih.

Cuci Mata

Gunakan air bersih dan dingin untuk menenangkan otot-otot mata. Basuhannya akan memberikan rasa ringan dan mengembalikan kinerjanya sehingga siap untuk diajak bekerja.

Berkedip

Mata lelah adalah salah satu pertanda dari gangguan mata kering. Supaya kembali terjaga kelembapannya, sering-seringlah mengedipkan mata. Cara ini juga membantu merangsang kelenjar air mata untuk memroduksi dan menjaga kelembapan bola mata, sekaligus mendinginkan dan menyegarkan mata kembali.

Berikan Pijatan

Tak ada salahnya memanjakan mata, memberikannya pijatan-pijatan lembut dengan jemari tangan apada bagian kelopaknya. Lakukan gerakan ini selama dua menit agar otot-otot yang tegang kembali mengendur dan santai.

Teteskan Braito Tears

Untuk penanganan yang lebih mudah, pakai 1-2 tetes Braito Tears pada kedua mata. Braito Tears bekerja secara efektif, mengembalikan kelembapan dan membuat mata kembali segar karena memiliki cairan yang cukup untuk melumasi mata dan menjauhkan gejala mata kering.

Istirahat Sejenak

Metode ini adalah yang termudah dalam mengatasi mata lelah. Sahabat Braito cukup menghentikan sejenak waktu kerja. Ambil sekitar 10 sampai 15 menit untuk mengistirahatkan penglihatan dan badan sambil melihat obyek-obyek jarak jauh. Misalnya, sambil memandang pemandangan kota dari balik jendela kantor atau atap gedung. Selain bikin mata kembali nyaman, tubuh dan otak pun kembali segar berkat ‘liburan’ sejenak tersebut.

Cukup mudah, bukan, untuk mengatasi gangguan mata lelah? Untuk kaum pekerja, lakukan hal-hal di atas setiap hari agar kondisi mata selalu baik dan terjaga kesehatannya dalam waktu yang lama.

Mata Lelah, Begini Cara Mengatasinya | Admin | 4.5