Mata Belekan Terus? Bisa Jadi Alami 5 Penyakit Ini!

By On Rabu, Mei 2nd, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Mata belekan, siapa yang ingin mengalaminya? Tentu saja tidak ada. Gangguan mata ini tak hanya bikin penglihatan jadi tidak nyaman, tapi juga menghilangkan kepercayaan diri Sahabat Braito. Bayangkan kalau mengalami mata belekan padahal saat itu juga harus melakukan presentasi di depan klien. Aduh, bakal runyam jadinya. Apa iya mau presentasi sambil memakai kacamata hitam?

Ternyata belekan bisa menjadi pertanda bahwa mata sedang mengalami masalah. Bila tidak segera diatasi bisa menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan organ mata. Menurut Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek, SpM (K), Ketua Yayasan AINI sekaligus Menteri Kesehatan RI, belekan adalah produk dari kuman atau bakteri yang berada di permukaan mata.

“Normalnya, karena mata berada di ruang terbuka, kuman selalu ada. Tapi saat kuman menjadi patogen, kuman akan berkembang biak dan mengeluarkan toksin dan bentuknya seperti lendir atau disebut pus/sekret dengan warna tergantung bakterinya,” jelasnya.

Waspada bila belekan mulai muncul karena bisa menjadi awal dari penyakit-penyakit di bawah ini.

Infeksi Selaput Mata

Profesor Nila menjelaskan bahwa mata belekan dengan warna tertentu adalah pertanda terjadinya infeksi pada selaput bola mata atau conjunctivitis catarrhalis. Pus atau secret berwarna kuning kecoklatan kemungkinan karena adanya bakteri Streptococcus, sementara pus berwarna kuning kehijauan bisa diakibatkan oleh bakteri Pseudomonas auregenosa. Gejala lain yang menyertai infeksi selaput mata adalah sakit mata seperti berpasir, mata gatal, mata merah, serta kadang belek begitu parah hingga susah dibuka saat bangun pagi.

Radang Kornea

Kotoran mata yang muncul sebaiknya tidak disepelekan. Bila berbahaya dan dibiarkan, ditakutkan nantinya belekan akan berlanjut pada keratokonjungtivitis. Sebuah kondisi di mana terjadi peradangan selaput mata dan kornea. Waspadalah bila mengalami mata merah dan belekan yang berkepanjangan.

Alergi

Bila belek terlihat putih, lengket, dan berserabut, ini adalah pertanda terjadinya konjungtivitis alergi. Karena adanya reaksi alergi, organ mata kemudian memroduksi air mata untuk menjebak partikel-partikel asing dan menjadi belek.

Guna meringankan mata merah akibat gejala awal dari alergi, Sahabat Braito bisa memanfaatkan Braito Original. Obat tetes mata dengan Tetrahydrizoline Hydrochloride ini efektif untuk meredakan mata merah. Gunakan 1-2 tetes Braito Original sebanyak 2-3 kali sehari pada mata yang merah. Namun, jika kondisi mata tak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Dakriosistisis

Dakriosistisis adalah kondisi di mana sistem drainase air mata atau kantung mata nasolakrimalis mengalami infeksi. Selain belekan, Sahabat Braito juga akan merasakan rasa sakit di seluruh wajah, kemerahan dan pembengkakan di area sekitar tulang hidung.

Blepharitis

Belek yang  berkerak, menumpuk tebal di kelopak dan bulu mata kemungkinan adalah pertanda blepharitis. Penyakit ini disebabkan bakteri di kulit, yang tumbuh dan menginfeksi kelopak dan bulu mata. Akibatnya terjadilah mata merah dan mata perih akibat peradangan. Selain itu kelopak mata juga terlihat menebal dan membentuk sisik kulit mati seperti ketombe.

Itulah lima kemungkinan penyakit yang menyertai belekan. Selalu waspada ketika ada lendir di sekitar mata. Bila perlu, segera periksakan agar bisa ditangani dokter. Semakin dini, semakin baik untuk kesehatan mata Sahabat Braito.

Mata Belekan Terus? Bisa Jadi Alami 5 Penyakit Ini! | Admin | 4.5