18 Agu 2017

Waspada GhostCtrl, Malware 'Hantu' yang Bisa Menyerang Android

Virus tersebut menyusup dalam berbagai bentuk, termasuk aplikasi populer.

Braito.co.id - Beruntungnya orang zaman sekarang. Smartphone bikin hidup makin bahagia. Dengan kotak kecil yang bisa digenggam tangan ini, seseorang bisa melakukan apa saja. Tak heran kalau pengguna smartphone sering lupa waktu, bermain hingga akhirnya mengalami mata perih, mata merah, dan mata berair akibat gangguan mata kering.

Jangan biarkan mata kering mengganggu aktivitasmu. Segera gunakan 1-2 tetes Braito Tears. Formula Hydroxy Propyl Methyl Cellulose 0,3% membantu mengembalikan kelembapan, sekaligus menyejukkan mata yang terasa kering. Berikan dengan dosis 2-3 kali sehari untuk hasil yang maksimal. Tapi bila rasa tidak nyaman pada mata berlanjut, segera pergi ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Bicara tentang keasyikan ber-smartphone, tampaknya Sahabat Braito harus waspada ketika chatting menggunakan aplikasi WhatsApp. Baru-baru ini, layanan berkirim pesan tersebut mengeluarkan peringatan bahwa ada virus ransomware terbaru yang pandai menyamar, GhostCtrl, yang dimanfaatkan para hacker untuk memeras pengguna internet.

Dilansir Dailystar, virus tersebut menyusup dalam berbagai bentuk, termasuk aplikasi populer. Salah satu yang paling ditakutkan adalah menyamar sebagai WhatsApp, kemudian mencuri berbagai data dan informasi yang ada di dalam smartphone, mulai dari pesan, kontak, riwayat browser, hingga lokasi pengguna.

Tak hanya WhatsApp, permainan Pokemon Go pun juga menjadi target utama malware ini dengan potensi mengganggu lebih dari satu miliar perangkat. Cara kerja GhostCtrl ini adalah dengan memasang paket software berbahaya ke dalam gadget setelah user mengunduh aplikasi palsu tersebut. Malware ini kemudian menciptakan ‘backdoor’ bagi hacker untuk menyusup masuk dan mencuri data-data yang ada di dalamnya.

Tidak berhenti sampai di situ, malware ini ternyata juga mampu merekam aktivitas Sahabat Braito lewat video secara diam-diam, berikut dengan suara-suara yang ditangkap oleh mikrofon.

Ternyata canggihnya teknologi kamera dan sistem suara smartphone telah membawa kejahatan siber ke level yang lebih tinggi. Sahabat Braito harus semakin bijak dalam menggunakan smartphone. Jangan sampai terjebak malware, termasuk GhostCtrl, yang bisa menjadi hantu menyeramkan bagi para pengguna smartphone. Waspadalah!



Hak Cipta : KapanLagi Network