26 Mei 2017

Viral, Mobil Tanpa Sopir Apple Terlihat di Jalanan

Seorang pengguna internet menyebarkan sebuah foto detik-detik meluncurnya mobil Lexus RX450h SUV, keluar dari markas besar Apple di Cupertino.

Braito.co.id - Gadget pintar sepertinya tak lagi seputar smartphone atau tablet. Kini, kendaraan pun sedang dikembangkan untuk menjadi "pintar”. Tak tanggung-tanggung, salah satu penggagasnya adalah Apple, salah satu raksasa teknologi yang paling banyak diburu produknya di seluruh dunia.

Bulan April lalu, Apple sempat bikin heboh banyak orang dengan melakukan uji coba perdana, mobil tanpa sopir. Tak sampai jauh-jauh banget, pengujiannya hanya berada di sekitaran Silicon Valley saja.

Seorang pengguna internet menyebarkan sebuah foto yang menunjukkan detik-detik meluncurnya mobil Lexus RX450h SUV, keluar dari markas besar Apple di Cupertino. Ini berarti bahwa peradaban manusia sebentar lagi akan memasuki babak baru, babak di mana tangan tak lagi perlu meraih kemudi untuk menjalankan mobil.

Wah, pasti menyenangkan sekali kalau bisa menikmati perjalanan sambil tiduran, sementara mobil dikendalikan oleh komputer. Dengan perhitungan yang lebih matang dari sebuah mesin, risiko kecelakaan bisa semakin diperkecil. Seperti Lexus RX450h SUV yang diuji oleh Apple tersebut. Mobil itu dilengkapi dengan perangkat teknologi paling modern, seperti sensor pemindai Velodyne LiDAR yang ditempatkan pada bagian atapnya.

Sementara untuk menjaga jarak antara lalu lintas di depan atau belakang mobil, terdapat beberapa radar yang juga ditempatkan pada bemper depan dan belakang. Sensor tersebut akan bekerja membaca dan menentukan jarak yang aman agar tidak sampai menyundul dan disundul mobil lain.

Mobil Tanpa Sopir Milik Apple
© automoto.it

Kelengkapan lainnya adalah sebuah kamera dengan kemampuan menangkap pemandangan 360 derajat. Fungsinya? Sudah pasti bukan untuk berselfie, Sahabat Braito.

Walaupun sudah terlihat bentuk fisiknya, tapi bagaimana cara kerja Apple dan sistem software untuk mengendalikan mobil masih menjadi misteri bagi publik karena bekerja dari dalam dan tidak tampak dari luar

Selain itu, dengan digunakannya mobil Lexus RX450h SUV, bukan berarti nantinya merk kendaraan ini resmi digunakan sebagai smart-car. Mobil itu saat ini hanya diketahui sebagai bahan uji coba untuk menguji self-driving car Apple. Bisa jadi, Apple nanti memproduksi mobil sendiri dengan desain ala perusahaan berlogo buah aple yang selalu tampil inovatif dan penuh kejutan.

Mungkin perlu waktu yang panjang hingga self-driving car Apple benar-benar sempurna dan bisa digunakan di jalanan Indonesia. Namun setidaknya satu langkah sudah dilakukan, tinggal menjejakkan langkah-langkah lainnya untuk menyempurnakan teknologi dan menjadikannya sebagai kenyataan.



Hak Cipta : KapanLagi Network