11 Nov 2017

Ramai Catalonia, Simak 5 Fakta Menarik Tentangnya!

Terlepas dari panasnya politik di negara Spanyol, Catalonia adalah wilayah yang indah.

Braito.co.id - Sekarang sedang ramai Referendum Catalonia di berbagai media. Ya, wilayah yang selama ini menjadi bagian dari Spanyol ini sedang getol melepaskan diri dari Negeri Matador untuk menjadi negara merdeka sepenuhnya. Bukan hanya di tingkat politik, masyarakat umum pun juga banyak yang menginginkan Catalonia yang bebas dari pemerintahan Spanyol.

Terlepas dari panasnya politik di negara Spanyol, Catalonia adalah wilayah yang indah. Mungkin karena keindahannya, Spanyol sampai tak tega untuk melepaskan daerah yang memiliki klub sepakbola kebanggaan FC Barcelona ini.

Seperti apa sih Catalonia? Yuk, kenali dengan lebih dekat lewat lima fakta di bawah ini.

Perjuangan Berat Menuju Merdeka

Catalonia adalah sebuah daerah yang komplit. Tak hanya pusat dari seni dan budaya, pariwisata dan olahraganya pun juga jagoan. Mungkin juga karena memiliki sumber daya alam dan manusia yang dianggap cukup untuk menjadi negara sendiri, Catalonia berjuang selama bertahun-tahun agar kemerdekaannya diakui, baik Spanyol mau pun dunia.

Masyarakatnya Tidak Merasa Bagian dari Spanyol

Puluhan tahun berada dalam naungan Raja dan pemerintahan Spanyol, tapi masyarakat Catalonia tak pernah merasa menjadi bagian dari negara tersebut. Secara sederhana, adat, bahasa, bahkan hukumnya berbeda dari Spanyol.

Penyatuan Catalonia ke Spanyol dimulai tahun 1714, ketika daerah tersebut dan Aragon direbut oleh Raja Philip V, yang setahun kemudian menguasai seluruh dataran Spanyol. Meski dipaksa, Catalonia terus menolak berlakunya hukum dan bahasa Spanyol di kawasan mereka, hingga akhirnya Spanyol menyerah dan membuat Generalitat, yang dijalankan oleh pemerintah nasional Catalonia. Secara ekonomi, banyak bukti yang membuktikan bahwa Catalonia adalah daerah yang kaya. Bahkan lebih kaya dari jantung kota Spanyol, Madrid.

Anti Matador

Sebenarnya bukan hanya Catalonia saja, tradisi Spanyol, yaitu Matador ini memang memantik kontroversi dari banyak pecinta hewan di seluruh dunia. Aksi ini dianggap tidak manusiawi karena mempertontokan kekerasan terhadap banteng. Catalonia sendiri telah melarang aktivitas Matador ini sejak tahun 2010 lalu.

Andaikan Bukan di Paris, Menara Eiffel ada di Barcelona

Sebelum membuat landmark yang menjulang tinggi ke angkasa di Paris, Perancis, sang arsitek, yaitu Gustave Eiffel, pernah berpikir untuk membangun menara Eiffel di Barcelona, Spanyol. Andaikan sejarah berkata demikian, mungkin Barcelona bakal menjadi kota paling indah di dunia dan Paris tidak punya apa-apa.

Kebanyakan Turis, Masyarakat Lokalnya Bingung

Biasanya, sebuah daerah akan sangat menyambut wisatawan yang datang ke daerah mereka karena mendorong peningkatan ekonomi. Tapi karena saking banyaknya pendatang yang ingin menikmati Barcelona, penduduk kota sampai kebingungan dan melancarkan protes anti-turis. Bukan hal mengherankan kalau Catalonia dikerubuti turis. 10% kotanya saja terdiri dari 68 taman, dengan Taman Montjuic sebagai yang paling besar dan populer.

Intinya, Catalonia adalah magnet pariwisata yang wajib kamu masukkan dalam daftar liburan impian Sahabat Braito. Begitu tabungan mencukupi, jangan buang waktu untuk datang dan menikmati petualangan yang sempurna di sana. Karena itu, jangan sampai penyakit datang mengganggu perjalananmu.

Setiap kali berpetualang, baik ke Catalonia atau pun destinasi-destinasi menarik lainnya, jangan lupakan Braito Original Sekali Pakai, tetes mata wajib para petualang. Dengan formula Tetrahydrozoline Hydrochloride 0,05%, Braito Original Sekali Pakai bekerja efektif meredakan mata merah, mata perih, dan mata gatal akibat iritasi mata ringan di sepanjang perjalanan.

Nah, kalau gejala iritasi mata mulai terasa, buka wadah kecilnya,  gunakan 1-2 tetes Braito Original Sekali Pakai, 2-3 kali sehari pada mata yang mengalami iritasi mata ringan, agar cepat sembuh dan bisa segera melanjutkan perjalanan. Dengan kemasan satuannya, Braito Original Sekali Pakai praktis untuk dibawa bepergian, juga dapat dibagikan ke partner travelling Sahabat Braito.  Namun, bilamana sakit mata membandel, segera kunjungi dokter mata terdekat untuk penanganan lebih lanjut.



Hak Cipta : KapanLagi Network