10 Okt 2017

Mengenal Sri Suci Atmoko, Peneliti RI Nominator Indianapolis Prize 2017

Ia bersama puluhan finalis akan dipilih untuk menjadi pemenang Indiana Prize.

Braito.co.id - Sedikit orang yang mengenal nama Sri Suci Atmoko, padahal wanita ini sedang menjadi buah bibir di media karena masuk dalam daftar nominasi penghargaan untuk konservasi satwa, Indianapolis Prize. Penghargaan ini diberikan kepada mereka yang dianggap berpengaruh dan melakukan aksi nyata untuk membuat kehidupan fauna jadi lebih baik.

Dr. Sri Suci Atmoko, wanita yang juga dosen Fakultas Biologi dan Sekolah Pascasarjana Magister Biologi Universitas Nasional ini menjadi salah satu sorotan. Ia bersama puluhan finalis akan dipilih untuk menjadi pemenang Indiana Prize.

Menang atau kalah, mereka yang masuk ke dalam daftar nominasi bukanlah orang-orang sembarangan. Para pecinta fauna ini adalah mereka yang mau mencurahkan segenap tenaga dan upaya agar makhluk hidup lain tak tergerus oleh keserakahan manusia. Seperti Sri Suci Atmoko yang berjuang selama 30 tahun untuk menyelamatkan kehidupan, populasi, serta ekosistem orang utan.

Dr. Sri Suci Atmoko
© Korea EBS

Dr. Sri Suci Atmoko memang mendedikasikan hidupnya hanya untuk orang utan. Dari laman Universitas Nasional, tercatat ada sekitar 20 judul penelitian yang sudah ia lakukan dan hampir semuanya berhubungan dengan makhluk primata yang menghuni hutan-hutan Indonesia, khususnya Sumatera dan Kalimantan.

Orang utan memang harus menjadi bagian dari Indonesia. Selain tingkah lakunya yang lucu, orang utan dikenal memiliki kecerdasan tersendiri. Pantas bila hewan ini mendapatkan perhatian khusus, terutama karena terus terancam oleh penebangan-penebangan hutan yang dilakukan oleh manusia.

Dalam Indiana Prize, Sri Suci Atmoko akan bersaing dengan nama-nama lain, seperti Purnina Devi Barman, Lisa Dabek, Rodney Jackson, hingga Anna Nekaris. Masing-masing bergerak untuk melestarikan fauna, seperti burung bangau, kanguru, macan tutul salju, sampai kukang.

Dari 32 finalis, nantinya akan terpilih enam pemenang. Satu pemenang utama berhak untuk mendapatkan hadiah sebesar 250.000 Dollar AS, sementara lima pemenang lainnya mendapatkan 10.000 Dollar AS.

Semoga Dr. Sri Suci Atmoko memenangkan Indiana Prize, mengharumkan nama Indonesia, sekaligus membuat dunia menjadi lebih peduli dengan orang utan.



Hak Cipta : KapanLagi Network