27 Sep 2017

Liburan ke Gorontalo, Jangan Lupa Icip Ragam Kuliner Khasnya!

Tak hanya tempat-tempat wisatanya yang memesona, Gorontalo juga punya senjata mematikan supaya Sahabat Braito penasaran.

Braito.co.id - Ke mana liburan musim panas kali ini? Kalau Pulau Jawa sudah terjelajahi, tak ada salahnya kabur ke lain nusa karena Indonesia itu kaya budaya dan bikin traveler penasaran untuk mengetahuinya.

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi adalah Gorontalo yang jauh di utara Sulawesi. Salah satu provinsi termuda di Indonesia yang terus berkembang, terutama dunia pariwisatanya. Ada banyak tempat untuk dikunjungi. Mulai dari Bukit Layang, Masjid Walima Emas yang ada pucuk bukit dan menghadap lautan lepas, Pulau Dinoyumo nan hijau, atau Pulau Cinta.

Tak hanya tempat-tempat wisatanya yang memesona, Gorontalo juga punya senjata mematikan supaya Sahabat Braito penasaran, yaitu kekayaan kulinernya yang luar biasa. Pergi jauh-jauh ke sana, lidah ini wajib mencicipi masakan khas masyarakat Bumi Maleo.

Ayam Iloni

Daging ayam direndam santan, kemudian dibakar dan diluluri bumbu-bumbu yang menghadirkan rasa khas Gorontalo, seperti bawang putih, bawang merah, jahe,kunyit, kemiri, dan masih banyak lagi. Dinikmati dengan sepiring nasi panas, bikin puas!

Binte Biluhuta

Secara mudah, Binte Biluhuta diartikan sebagai jagung siram. Penyajiannya mirip bubur manado (cuma buburnya terbuat dari jagung) dan diperkaya dengan sayuran dan irisan daging ikan.

Kue Sabongi

Snack ringan ini adalah harta warisan leluhur. Keberadaan kue sabongi ini bahkan sudah ada sejak jaman kerajaan Gorontalo. Kue ini terbuat dari singkong dan pisang dengan rasa yang sangat meng-Gorontalo. Patut dicoba karena tak mungkin ada di kampung halaman Sahabat Braito.

Tili Aya

Tili aya adalah makanan festival. Maksudnya cuma bisa ditemukan di acara-acara khusus. Pembuatannya cukup sederhana. Gula merah dicampur dengan beberapa butir telur dan santan dan dijadikan adonan, kemudian dikukus hingga matang dan menjadi kue tili aya.

Ilabulo

Bentuknya seperti lemper atau pepes ikan karena dibungkus daun pisang. Bahan dasar Ilabulo adalah sagu dan hati ayam yang dimasak dengan santan. Begitu dicoba, hati-hati tidak bisa berhenti menikmatinya.

Bilenthango

Namanya yang unik, seunik penyajiannya. Bilenthango adalah ikan mujaer yang diolah dengan cara Gorontalo, yaitu setengah digoreng, setengah dipanggang. Tentu saja ada bumbu-bumbu yang akan membuat lidah makin bergoyang.

Sashimi Tuna

Ada Sashimi Jepang, ada juga Sashimi Gorontalo. Keduanya memiliki kesamaan, yaitu dari daging ikan tuna. Hanya saja, kalau di Jepang dinikmati dengan kecap dan wasabi, Sashimi Gorontalo dikecap dengan sambal dabu-dabu. Soal rasa? Kalau cinta Indonesia, tentu Sashimi Gorontal yang juara.

Tujuh hidangan kuliner khas Gorontalo tersebut memang bikin tak sabar untuk segera pergi ke sana. Tapi jangan lupa, selalu bawa Braito Original Sekali Pakai di mana pun Sahabat Braito berada. Kemasan praktis sekali pakai 0,5ml membuat Braito Original Sekali Pakai mudah dibawa ke mana saja. Selain itu, obat tetes mata ini juga higienis, sehingga aman dibagikan dengan rekan seperjalanan.

Lantas, kenapa penting untuk membawa obat tetes mata ini? Tentu tidak asyik kalau menikmati Ayam Iloni tapi mata merah gara-gara iritasi mata, bukan?

Maka dari itu, dengan formula Tetrahydrozoline Hydrochloride  0,05%, Braito Original Sekali Pakai ini bekerja efektif meredakan iritasi mata akibat berenang di laut, atau debu jalanan Gorontalo. Cukup 1-2 tetes, 2-3 kali sehari pada mata yang teriritasi agar gangguan mata cepat pergi. Namun bila sakit berlanjut, segera hubungi dokter mata untuk perawatan yang lebih baik.

Penggunaan obat tetes mata ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi iritasi mata ringan. Sebab, iritasi mata biasanya cenderung membuat mata gatal, sehingga kerap muncul hasrat ingin mengucek mata. Padahal, hal tersebut punya risiko buruk, seperti dapat memperburuk iritasi. Lebih jauh, pelajari bahaya mengucek mata ini lewat tayangan video berikut ini.



Hak Cipta : KapanLagi Network