30 Sep 2017

Bukan Gengsi, Ini 5 Alasan Pria Sulit Menangis

Ternyata bukan gengsi karena takut disebut cowok cengeng, lho.

Braito.co.id - Khusus untuk pria, kapankah terakhir kali Sahabat Braito meneteskan air mata? Pertanyaan ini mungkin sulit dijawa kaum Adam. Maklum, bahkan mereka pun mungkin lupa waktu cairan hangat meleleh dari kedua indera penglihatannya.

Ada alasan di balik pertanyaan mengapa pria sulit menangis. Ternyata bukan gengsi karena takut disebut cowok cengeng, lho. Biar tidak penasaran, berikut adalah lima alasan mengapa seorang lelaki seperti ‘pantang’ menitikan air mata.

Didikan Sejak Kecil

Psikolog Georgia Ray dari Hope Psychological Services, Australia, menjelaskan bahwa pria tidak mudah menangis dibandingkan wanita karena berhubungan dengan sifat dan pengasuhan. Sejak kecil seorang pria dididik agar bisa menjadi makhluk yang kuat, menjadi tulang punggung keluarga, dan tidak mudah terluka.

Hormon ‘Menangis’ yang Rendah

Ray juga menggarisbawahi fakta bahwa laki-laki punya tingkat prolaktin lebih rendah dibandingkan wanita. Sebagai catatan, prolaktin adalah hormon yang ikut keluar bersama air mata ketika manusia mengalami ‘guncangan’ emosi.

Stereotip

Stereotip yang sekian lama terbangun di masyarakat akhirnya mendarah-daging bersama jiwa kaum pria. Mereka terlatih untuk tidak menunjukkan air mata. Kalau pun menangis, ia akan melakukannya dengan cara yang tidak menghilangkan harga diri.

Hormon Testosteron yang Lebih Tinggi

Disebutkan juga bahwa pria memiliki hormon testosteron yang lebih tinggi ketimbang wanita. Menurut Dr. Louann Brizendine, neuropsikiatri di University of California, San Francisco, hormon ini berfungsi meningkatkan ambang antara stimulus emosional dan keluarnya air mata.

Saluran Air Mata yang Lebih Besar

Misteri ini pun juga bisa dijelaskan secara biologis. Pria memiliki saluran air mata yang lebih besar ketimbang wanita. Faktor ini kemudian memengaruhi air mata sehingga tidak gampang jatuh.

Jadi, Sahabat Braito sekarang sudah tahu, bukan, kenapa pria cenderung tidak mudah menangis. Bukan karena tidak peka, melainkan diciptakan seperti itu. Meski begitu, lelaki terkuat sekali pun sebenarnya masih wajar dan bisa melelehkan air mata. Bukan saja karena efek emosional, melainkan juga karena terpaan beragam material mikroskopis yang selanjutnya disebut kelilipan. Biasanya mata akan mengeluarkan cairan sebagai respon tubuh, khususnya organ mata dari bahaya yang lebih besar.

Namun, jika memang kelilipan tersebut akhirnya menyebabkan iritasi mata ringan, jangan panik. Juga jangan dikucek, walaupun ada sensasi rasa gatal pada mata. Biasanya iritasi mata ini ditandai dengan mata merah. Apabila benar begitu, segera teteskan obat tetes terbaik, seperti Braito Original.

Obat tetes mata dengan formula Tetrahydrozoline Hydrochloride 0,05% ini bekerja efektif mengatasi iritasi mata ringan. Gunakan 1-2 tetes, 2-3 kali sehari pada mata yang terititasi agar mata cepat pulih, bebas air mata. Bila rasa sakit dan lelehan air mata terus mengganggu, segera hubungi dokter mata untuk penanganan lebih lanjut.



Hak Cipta : KapanLagi Network