19 Des 2017

Bahaya Mengemudi Sambil Bermain HP, Ini Akibatnya!

Semakin hari, semakin banyak kasus kecelakaan gara-gara sibuk dengan hp saat mengemudi.

Braito.co.id - HP atau smartphone diciptakan untuk membantu memudahkan kehidupan manusia. Namun pada kenyataannya, justru banyak pengguna yang salah kaprah dalam memanfaatkan teknologi ini. Ada yang menggunakannya untuk menipu orang, ada pula yang abai dengan keselamatan dengan menggunakannya saat sedang mengemudi. Padahal mengendalikan kendaraan itu butuh fokus 100%.

Semakin hari, semakin banyak kasus kecelakaan gara-gara sibuk dengan hp saat mengemudi. Tapi masih saja banyak orang yang tak peduli. Agar Sahabat Braito tidak menjadi bagian dari mereka, yuk, ketahui bahaya mengemudi sambil bermain hp.

Kecelakaan Tunggal

Mungkin Sahabat Braito mengira, hanya mengalihkan perhatian seper sekian detik ke layar smartphone, tidak mungkin terjadi kecelakaan. Itu kalau pengendara hanya berjalan dengan kecepatan di bawah 10 km per jam. Bayangkan perhatian terbagi saat mobil atau motor melaju di atas 60 km per jam. Bisa saja tiba-tiba haluan mobil berbelok sendiri dan mengakibatkan kecelakaan tunggal, seperti keluar dari aspal dan menabrak tiang.

Menyundul Kendaraan Lain

Sudah banyak kasus tabrakan yang terjadi akibat pengemudi mengalihkan perhatian matanya ke layar hp. Biasanya kecelakaan terjadi ketika sopir terlalu asyik dengan gadget dan tidak melihat mobil depannya mengerem. Nah, kalau sudah begini, siap-siap ganti rugi pengendara yang ditabrak, deh.

Kena Sanksi Hukum

Tak hanya mengganti rugi pengendara yang kena tabrak, kalau korban tidak terima dan membawa permasalahan ini ke pihak berwajib, bersiap-siaplah untuk kena sanksi hukum. Mulai dari denda uang sampai kurungan penjara siap menantimu.

Hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang No.2 2009, yang menyatakan : Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Kendaraan Ditahan Polisi

Kabar buruk terakhir, ketika mengakibatkan kecelakaan gara-gara main hp saat berkendara, kendaraan yang seharusnya bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari harus ‘menginap’ di kantor polisi dalam waktu yang lama. Hanya karena benda kecil tersebut, dalam waktu seper sekian detik saja kehidupan Sahabat Braito berubah menjadi kelam.

Selain bikin sial di jalanan, terlalu lekat dengan hp bisa berdampak buruk pada kesehatan mata. Salah satunya adalah mata lelah. Gangguan ini terjadi ketika radiasi cahaya dari layar gadget membuat mata kehilangan daya untuk menghasilkan pelembap yang dibutuhkan untuk melumasi bola mata. Akibatnya, mata terasa tidak nyaman dan perih.

Untuk mengatasi gejala mata lelah, gunakan 1-2 tetes Braito Tears, 2-3 kali sehari. Dengan formula Hydroxy Propyl Methyl Cellulose 0,3%, Braito Tears akan bekerja membantu melembapkan, sekaligus menyegarkan penglihatan. Teteskan pada kedua mata untuk mengoptimalkan kembali fungsi mata. Namun ingat, jika sakit mata terus berlanjut, segera pergi ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Maka dari itu, Sahabat Braito cobalah untuk selalu waspada dan fokus saat berkendara. Tepikan kendaraan sebelum menggunakan gawai dan jauhkan dari jangkauan tangan saat berkendara. Dengan menjadi pengemudi yang disiplin dalam berlalu lintas, keselamatan diri sendiri, keluarga, dan orang lain pun terselamatkan.



Hak Cipta : KapanLagi Network