13 Agu 2017

7 Macam Lomba Rakyat yang Sering Digelar Saat Hari Kemerdekaan

Masyarakat pun juga berlomba dengan mengikuti berbagai kegiatan untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Braito.co.id - Setiap bulan Agustus, sudut-sudut kota berlomba-lomba untuk mempercantik diri dengan berbagai hiasan bertema merah-putih sebagai cara untuk memeringati Hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus. Tak hanya itu, masyarakat pun juga berlomba dengan mengikuti berbagai kegiatan untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Berikut adalah tujuh macam lomba rakyat yang sering digelar saat Hari Kemerdekaan.

Lomba Makan Kerupuk

Lomba ini diikuti oleh anak-anak dan ibu-ibu yang beradu cepat menghabiskan kerupuk yang digantung di tali rafia, tanpa bantuan tangan. Siapa yang paling cepat menghabiskan kerupuk berhak maju ke babak selanjutnya.

Lari Kelereng

Dalam perlombaan ini, peserta harus berkompetisi menjadi yang tercepat ke garis finish. Bedanya, mulut diwajibkan menggigit sendok yang ada kelereng di bagian ujungnya. Dibutuhkan fokus, ketenangan, dan kecepatan untuk memenangkan perlombaan ini.

Tarik Tambang

Dua regu dengan jumlah orang yang sama akan saling berhadapan. Kedua tim kemudian adu kekuatan dan strategi, berusaha menarik tim lawan. Yang berhasil memaksa lawan melewati garis batas menjadi pemenang. Lomba ini biasanya diadakan di persawahan atau lapangan. Semakin kotor, semakin seru!

Gebuk Bantal

Dua ‘gladiator’ bersenjatakan bantal atau guling menaiki sebatang bambu.Setelah aba-aba mulai, kedua peserta akan berusaha sekuat tenaga memukulkan bantal atau guling ke badan lawan supaya terjatuh. Menariknya, lomba ini biasanya dilakuan di atas sungai atau kolam. Pihak yang kalah akan langsung tercebur ke air.

Kalau Sahabat Braito ingin memeriahkan Gebuk Bantal, jangan lupa sedia Braito Original. Siapa tahu kalah dan tercebur ke sungai, kemudian mengalami iritasi mata akibat kemasukan air, seperti mata perih atau mata merah. Atasi gangguan kesehatan mata ini dengan 1-2 tetes Braito Original. Formula Tetrahydrozoline Hydrochloride 0,05% bekerja efektif meredakan sakit mata akibat iritasi ringan. Gunakan dengan dosis 2-3 kali sehari. Namun bila sakit berlanjut, jangan tunda untuk memeriksakannya ke dokter mata terdekat.

Lomba Ambil Koin di Pepaya

Sebuah pepaya ditancapi koin, kemudian digantungkan di seutas tali. Para peserta harus berjuang sekuat tenaga melepaskan koin-koin yang tertancap pada pepaya. Yang unik, biasanya pepaya sudah dilumuri dengan jelaga. Bersiap untuk wajah menghitam kalau ikut lomba ini.

Balap Karung

Seperti lomba lari, hanya saja pesertanya harus mengenakan karung goni untuk melompat-lompat dari start sampai finish. Paling seru kalau ada yang tersandung kakinya sendiri dan jatuh menggelinding.

Panjat Pinang

Beberapa orang pria harus berjuang keras menaiki sebatang pohon atau bambu yang sudah dilumuri oleh minyak dan pelumas. Memanjat pohon saja sulit, apalagi kalau batangnya dilumuri minyak. Di bagian atas sudah menunggu berbagai hadiah untuk diambil peserta yang sanggup menaklukkan tantangan Panjat Pinang. Terkadang kelucuan terjadi ketika peserta terlalu bersemangat hingga tak sadar celananya melorot.

Itulah tujuh kompetisi seru untuk meramaikan acara Agustusan. Lomba apakah yang bakal Sahabat Braito ikuti di perayaan Hari Merdeka tahun ini?



Hak Cipta : KapanLagi Network