25 Okt 2017

10 Destinasi Kuliner Prioritas Indonesia, Sudah Tahu?

Dari kekayaan adat dan budaya yang ada di Indonesia, terciptalah berbagai kreasi kuliner.

Braito.co.id - Negara Kesatuan Republik Indonesia. Rasanya begitu luar biasa bila mendengar nama tersebut. Indonesia memang diciptakan dari keberagaman. Mulai dari ujung Aceh hingga Tanah Papua, masing-masing memiliki adat dan budaya yang beraneka ragam.

Dari kekayaan adat dan budaya yang ada di Indonesia, terciptalah berbagai kreasi kuliner. Masing-masing menawarkan cita-rasa yang menarik untuk dicicipi, bikin penasaran orang-orang luar daerah yang belum pernah mencicipinya sama sekali.

Di Indonesia sendiri ada 10 destinasi kuliner yang selalu menjadi prioritas bagi wisatawan.

Bali

Bali tak hanya dikenal dengan keindahan Pantai Kuta dan Desa Ubud saja. Untuk masalah kuliner jempolan, Bali punya setumpuk menu menjanjikan. Sahabat Braito bisa mencicipi Ayam Betutu, Sate Lilit, Lawar, sampai Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung yang segarnya bikin semangat untuk menjelajahi Pulau Dewata.

Yogyakarta

Jogja adalah kota budaya nan kalem. Tempat yang penuh keramahan ini sangat terwakili oleh menu-menu kulinernya yang bikin tersenyum, antara lain, Tempe dan Tahu Bacem, Gudeg, Soto Sulung, Bakmi Jawa, atau Oseng Mercon yang bikin lidah kepedasan.

Solo

Tak mau kalah dengan tetangganya, kampung halaman Pak Presiden Joko Widodo juga punya beragam kuliner menarik. Selain Nasi Timlo dan Liwet, coba juga menu dengan nama unik, yaitu Tengklek. Cicipi juga Warung Wedangan, tempat makan super murah dengan beragam lauk.

Semarang

Semarang juga dikenal sebagai Kota Lumpia, jajanan yang menjadi oleh-oleh khas ibukota Jawa Tengah tersebut. Selain Lumpia, saat berada di Semarang, Sahabat Braito juga harus mencoba Tahu Gimbal, Soto Bangkong, Mie Kopyok, atau Nasi Goreng Babat Gongso.

Bandung

Paris van Java, itulah sebutan bagi ibukota Jawa Barat yang indah dan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Bicara soal kuliner, Bandung punya beragam menu jajanan dan makanan menarik, seperti Surabi, Cireng, Piscok, Cimol, Siomay Bandung, Bandros, Mie Kocok, atau Nasi Tutug Oncom.

Medan

Medan dengan keberagaman etnis masyarakatnya menciptakan kuliner-kuliner menarik yang patutu dicicipi. Tak hanya mencicipi durian, sebagai sajian khas Medan, menu-menu makanannya pun juga cukup menarik perhatian. Mulai dari Mie Balap untuk sarapan sebagian besar warga Medan, Bihun Bebek Kumango, Kwetiaw Kerang, Soto Medan, Bakso Lembu, sampai kue dengan nama fenomenal, Kue Bohong.

Palembang

Dikaruniai dengan hasil laut yang melimpah, orang-orang Palembang mengubahnya menjadi menu makanan yang menjanjikan, yaitu Pempek. Tapi selain Pempek, Sahabat Braito bisa mencoba makanan-makanan lain, seperti Pindang Patin, Mie Celor, Kue Lapis Kojo, Gandus, Lumpang, Pangsit Ikan, Lakso, atau Burgo.

Malang

Kota Bakso, di mana bakso diolah menjadi makanan, sekaligus kejutan. Ada bakso asli, bakso isi telur, bakso tulang, bakso bakar, bakso mercon, hingga yang sekarang sedang nge-hits, Bakso Sumsum. Kalau bosan dengan bakso, jajal menu lainnya, yaitu Cwie Mie khas Malang, Orem-Orem, Rawon, atau mencicipi kesegaran es krim yang rasanya terjaga sejak jaman Belanda di Toko Oen.

Batam

Batam bukan cuma kota industri. Di sini, geliat kuliner juga sangat kentara dan menghasilkan banyak menu-menu istimewa, seperti Gong-Gong, Luti Gendang, Mie Sagu, Sop Ikan Batam, Mie Lendir, atau Bilis Molen. Hapus juga dahaga siang hari Sahabat Braito dengan Teh Obeng.

Surabaya

Tak hanya Malang yang kaya dengan wisata kuliner, Surabaya pun juga punya resep-resep turun-temurun yang terus menghiasi lidah generasi masa kini. Rujak Cingur, Sate Klopo, Tahu Tek, Lontong Balap, atau Kepiting Cak Gundul adalah sedikit dari sekian banyak daftar kuliner di Surabaya.

Melihat daftar kuliner yang begitu panjang, pasti Sahabat Braito sampai pusing untuk memilih mana yang akan dicicipi dulu ketika sampai di salah satu kota di atas. Tapi jangan sampai ambisi kuliner jadi batal gara-gara iritasi mata akibat kemasukan debu saat jalan-jalan. Untuk itu, bawa selalu Braito Original Sekali Pakai di tasmu.

Braito Original Sekali Pakai memiliki kemasan praktis 0,5ml yang bisa digunakan kapan saja dan di mana saja. Begitu mengalami mata merah akibat debu, asap, polusi udara, atau saat bermotor, 1-2 tetes Braito Original Sekali Pakai, 2-3 kali sehari. Formula Tetrahydrozoline Hydrochloride 0,05% berkhasiat mengatasi iritasi mata, mengembalikan kondisi mata seperti semua dengan tuntas dan cepat. Akan tetapi, bila sakit mata berlanjut, jangan tunda untuk periksa ke dokter mata.

Selamat berwisata kuliner, Sahabat Braito.



Hak Cipta : KapanLagi Network