Lensa Kontak, Apakah Bisa Digunakan Segala Usia?

By On Kamis, Maret 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata, Lifestyle

Braito.co.id – Bagi manusia, mata adalah jendela dunia. Dengan indera penglihatan, orang bisa membedakan mana yang benar dan salah, mana yang baik atau buruk, dan yang paling penting bisa menikmati keindahan dunia.Lensa Kontak Apakah Bisa Digunakan Segala Usia - Lensa Kontak, Apakah Bisa Digunakan Segala Usia?

Namun keberuntungan memiliki mata yang sempurna tak dimiliki oleh semua manusia, Sahabat Braito. Sebagian dari kita memiliki kekurangan dalam melihat dengan organ mata. Ada yang mengalaminya ketika sudah berusia senja dan terjadi secara alami, ada yang karena tekanan pekerjaan, ada pula yang sudah menjadi bagiannya sejak lahir.

Untuk orang dewasa rasanya tak perlu rasa khawatir dalam mengenakan lensa kontak. Tapi bolehkah alat ini dipakai ketika masih berusia dini?

Menurut dr. Damara Andalia, Sp.M. dari Jakarta Eye Center, tidak ada batasan usia untuk penggunaan lensa kontak.

“Pemakaian lensa kontak terbukti aman dan efektif dalam koreksi penglihatan pada anak. Dengan lensa kontak, anak bisa beradaptasi dengan baik dan juga melakukan perawatan lensa kontak dengan baik. Penggunaan lensa kontak pada anak dapat meningkatkan rasa percaya diri dan performa dalam beragam aktivitas,” jelas dr. Damara.

Ia juga mengatakan bahwa dalam beberapa kondisi, bayi yang baru berusia bulanan juga diperbolehkan memakai lensa kontak. Termasuk pula untuk dipakai sebagai terapi penyakit kornea dan jaringan permukaan mata pada anak.

Namun dr. Damara mengingatkan bahwa ada faktor penting yang berpengaruh dalam keberhasilan penggunaan lensa kontak pada anak.

“Kebersihan, tingkat kedewasaan dan motivasi pada anak adalah faktor penting yang ikut berpengaruh dalam keberhasilan penggunaan lensa kontak. Mengingat faktor-faktor tersebut beragam pada tiap anak, tidak terdapat usia spesifik kapan anak dapat mulai menggunakan lensa kontak,” ungkapnya.

Pada dasarnya, lensa kontak bisa digunakan oleh siapa saja, pada segala tingkat usia. Namun ada baiknya pula mendapatkan saran dan pemeriksaan dari dokter mata sebelum menggunakan alat bantu indera penglihatan tersebut.

Terlepas dari tingkat usia, perhatikan pula waktu dan cara penggunaan lensa kontak. Jangan memakainya terlalu lama, bahkan tidak melepasnya saat tidur karena bisa menimbulkan gangguan kesehatan mata. Salah satu yang paling gawat adalah infeksi bakteri, jamur, atau mikroba yang bisa merenggut penglihatan Sahabat Braito.

Selain itu, kalau lensa kontak menimbulkan iritasi mata, dengan diikuti gejala, seperti mata merah atau mata perih, segera berikan pertolongan pertama dengan Braito Original. Obat tetes mata dengan Tetrahydrozoline Hydrochloride 0,05% dapat mengatasi iritasi mata ringan akibat penggunaan lensa kontak. Begitu timbul rasa tidak nyaman setelah memasang soft lens, gunakan 1-2 tetes Braito Original, 2-3 kali sehari pada mata yang mengalami iritasi. Bila sakit pada organ mata tak kunjung sembuh, periksakan ke dokter mata untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan lebih lanjut.

Lensa Kontak, Apakah Bisa Digunakan Segala Usia? | Admin | 4.5