Kiat Aman Mengatasi Mata Perih Yang Muncul Tiba-Tiba

By On Selasa, Mei 1st, 2018 Categories : Kesehatan Mata

Braito.co.id – Mata merupakan jendela dunia yang perlu dijaga kesehatannya. Dengan mata yang sehat, kita bisa melihat apa yang sedang terjadi di sekitar. Dari mata juga perasaan senang dan sedih bisa timbul dalam hati. Senang ketika melihat hal-hal yang menggembirakan, sedih saat mengetahui kalau sang gebetan sudah punya gandengan.Kiat Aman Mengatasi Mata Perih Yang Muncul Tiba Tiba - Kiat Aman Mengatasi Mata Perih Yang Muncul Tiba-Tiba

Namun, mata juga bisa terancam oleh bahaya-bahaya yang mengganggu kesehatannya. Salah satu gangguan penglihatan yang harus diwaspadai adalah mata perih yang muncul tiba-tiba. Penyebabnya pun ada banyak hal, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Beberapa mata perih, antara lain adalah:

  • Sindrom mata kering.
  • Terlalu lama bekerja di depan komputer.
  • Aktivitas dan gaya hidup jaman sekarang.
  • Fisiologis.
  • Membaca.
  • Pola makan.
  • Konjungtivitis (Mata merah).

Banyak hal yang sering kita alami saat sedang mengalami mata perih. Mulai dari rasa mengganjal dan nyeri pada bola mata, gatal, pandangan yang kabur, mengalami silau luar biasa saat melihat cahaya, bengkak, keluarnya air mata secara berlebihan, hingga yang paling parah adalah mata bernanah.

Sebagai generasi yang aktif dan dinamis, mata perih secara tiba-tiba tentu menjadi gangguan yang sangat tidak diinginkan. Bayangkan kalau rasa sakit ini muncul di saat yang penting. Semua rencana yang sudah dipersiapkan bisa runyam begitu saja. Padahal, setiap detik sangatlah berharga.

Untuk mengatasi mata perih tiba-tiba di saat genting, lakukan beberapa tips aman dan bisa dilakukan kapan pun oleh Sahabat Braito.

Obat Tetes Mata

Untuk mata perih akibat terlalu lama melihat layar komputer atau gawai, teteskan Braito Original pada bagian mata yang terasa perih. Dengan formula Tetrahydrozoline, Braito Original akan membantu meredakan rasa sakit, sekaligus menyejukkan mata. Cukup 1-2 tetes Braito Original dengan dosis 2-3 kali sehari dan mata akan terasa nyaman kembali. Namun, jika sampai tiga hari kondisi mata masih belum membaik, segera pergi ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan intensif.

Cuci Air Hangat

Gunakanlah air hangat dan bersih untuk mengompres mata yang tiba-tiba terasa perih. Kehangatan yang dihantarkan oleh air tersebut akan membuat mata terasa lebih rileks dan berkurang rasa sakitnya.

Jauhi Pendingin Ruangan

Mata perih juga bisa terjadi sebagai akibat dari hembusan Air Conditioner (AC), atau pendingin udara. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berpindah ke tempat yang bebas dari hembusan langsung AC.

Kedipkan Mata

Mata pedih juga bisa terjadi sebagai akibat dari mata kering. Untuk melembapkan kembali mata, kedip-kedipkanlah kelopak mata sesering mungkin hingga bola mata terasa basah kembali oleh cairan alami yang diproduksi kelenjar air mata.

Potongan Bawang Putih

Kalau bawang merah bisa bikin mata pedih, bawang putih akan menyembuhkannya. Caranya adalah memotong ujung bagian bawah bawang putih, kemudian menggosokkannya secara merata pada bagian bawah mata (kantung mata). Setelah selesai, diamkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air. Lakukan secara rutin di malam hari sebelum tidur.

Itulah lima tips mudah mengatasi mata perih yang muncul tiba-tiba. Semoga salah satunya bisa menyelesaikan masalah sakit mata Sahabat Braito. Namun bila sakit berlanjut, kunjungi dokter ahli untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

Kiat Aman Mengatasi Mata Perih Yang Muncul Tiba-Tiba | Admin | 4.5